Saudi Meraup Pendapatan 8,5 Miliar Dolar AS dalam Musim Haji
Ahad , 10 December 2017, 07:01 WIB

Khalil Hamra/AP Photo
Jamaah haji di Padang Arafat

IHRAM.CO.DI, MAKKAH - Kerajaan Arab Saudi diperkirakan memperoleh sekitar 32 miliar Real Saudi (8,5 miliar dolar AS) dari penyelengraan ibdah haji Oktober lalu.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan beberapa waktu lalu, pendapatan itu dia dapatan negara itu melalui kedatangan dua juta Muslim yang melakukan ziarah haji ke Makkah.

Seperti dilansir Saudi Gazete, Kamar Dagang Makah mengatakan bahwa pendapatan dari pertemuan tahunan umat Islam terbesar di dunia akan meningkat tiga persen dari tahun sebelumnya.

Studi tersebut didasarkan pada perkiraan bahwa 1,98 juta peziarah haji akan melakukan perjalanan ke kota suci Makkah, termasuk 1,38 juta, atau 70 persen, di antaranya yang datang dari luar Arab Saudi

Menurut laporan tersebut, seorang peziarah yang telah melakukan perjalanan dari negara lain akan menghabiskan rata-rata 17.381 Real Saudi (4.633 dolar AS) selama haji, yang berlangsung selama lima hari. Data ini juga menemukan fakta, bila seorang peziarah haji asal Arab Saudi juga menghabiskan dananya  sekitar 4,948 Real Saudi (1.319 dolar AS) selama menunaikan ibadah haji.

Biaya tersebut meliputi perumahan, makanan dan minuman, hadiah dan tagihan telepon.

Setiap tahun, jutaan orang mengunjungi tempat-tempat suci Islam di Arab Saudi untuk haji, sebuah ziarah yang diharapkan semua orang Muslim setidaknya satu kali  dalam kehidupan mereka jika kesehatan dan keuangan mengizinkan.

Redaktur : Muhammad Subarkah