Evaluasi Pelaksanaan Haji Asphurindo: Perbaiki Tenda Mina
Jumat , 22 Desember 2017, 16:34 WIB

Muhammad Subarkah
Ketua Umum Asphurindo Syam Resfiadi.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Tahun 2017 hampir usai. Ketua Umum Asphurindo, Syam Resfiadi bersyukur, pelaksanaan haji dan umrah asosiasi tahun ini berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti.

"Haji tahun 2017 Alhamdulillah berjalan lancar," kata dia pada Republika.co,id, Jumat (21/12). Meski demikian, sejumlah hal masih menjadi catatan dan bahan untuk evaluasi agar pelaksanaan tahun depan bisa lebih baik.

Syam mengatakan evaluasi pertama adalah agar Muasasa di Arab Saudi memperbaiki jumlah tenda dengan jumlah jamaah hajinya terutama Haji Khusus. "Karena kemarin terlalu sempit," kata dia.

Syam bersyukur tahun ini pelunasan Haji Khusus sudah lebih dipercepat oleh Kementerian Agama. "Semoga penyelesaian administrasi Haji Khusus bisa lebih awal lagi sebelum puasa agar urusan barcode bisa di lakukan dalam bulan Puasa dengan menggunakan visa umrah," katanya.

Untuk umrah, tambah Syam, evaluasinya agar pengawasan bisa ditingkatkan sehingga tidak terjadi lagi penipuan atau jamaah gagal berangkat. Ia berharap tidak ada lagi travel nakal dengan alih-alih mengeluarkan harga promo.

Travel-travel ini memasang harga dibawah harga referensi dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. "Sehingga kita berjualan dengan harga yang pantas dan tidak mengorbankan calon jamaah," katanya.


Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Lida Puspaningtyas