Uzbekistan Geliatkan Wisata Muslim
Selasa , 02 Januari 2018, 17:45 WIB

asianews.it
Muslim Uzbekistan tengah menjalankan shalat

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Delegasi Uzbekistan menawarkan wisata Muslim kepada travel umrah di bawah naungan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Repub lik Indonesia (Amphuri) saat kunjungannya ke Indonesia, belum lama ini. Pimpinan Delegasi Uzbekistan Zulhaydar Sultonov mengatakan, Uzbekistan merupakan tempat banyak ulama Islam dilahirkan.

"Kita mengenal Imam Bukhari, Imam Tirmidzi, dan ulama lain dilahirkan di Kota Samarkand, Uzbekistan," katanya menjelaskan. Selain ulama, ahli sains juga terlahir di Uzbekistan, di antaranya, Ibnu Sina, al-Biruni, al-Khawarizmi, dan Az zam Akhsyari. Dengan akan dibukanya penerbangan langsung Jakarta- Taskent, masyarakat Indonesia dapat mengunjungi Uzbekistan, terutama di kota-kota yang menyajikan wisata Muslim.

Di hadapan pengurus Amphuri, Sultonov menjelaskan beberapa tur wisata Muslim yang ditawarkan, di antaranya, Kota Taskent. Di Taskent, wisatawan dapat mengunjungi Madrasah Kukeldash, sebuah sekolah Alquran yang diangun pada abad 16 oleh cucu Timur.

Berjalan kaki dari sekolah Alquran tersebut terdapat Mausoleum Kaffal Sashi yang juga dibangun bersamaan dengan Madrasah Barak Khan dan Masjid Telya Shekh Friday yang menjadi bagian dari Kompleks Imam Khast. Saat ini kompleks tersebut menjadi tempat tinggal mufti. Di perpustakaan madrasah tersebut juga terdapat Alquran dari abad ketujuh yang masih terjaga. Selain itu, di Taskent juga terdapat museum yang menyimpan 250 ribu koleksi arkeologi. n ed: erdy nasrul

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Marniati