Jamaah Umrah Rute Solo akan Capai 25 Ribu Orang
Ahad , 07 January 2018, 11:00 WIB

Para calon jamaah umrah menuju kabin pesawat Garuda Indonesia usai peresmian rute penerbangan langsung Surabaya-Jeddah di bandara Juanda, Surabaya, Ahad (13/4). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

IHRAM.CO.IC, SOLO -- Perhimpunan Pengusaha Biro Ibadah Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) Kota Solo memprediksikan 25.000 orang akan melakukan umrah pada musim umrah kali ini melalui rute Solo.

"Kalau sampai saat ini sudah ada sekitar 11.000 orang yang melakukan umrah dari rute Solo," kata Ketua Perpuhi Kota Solo Her Suprabu di Solo, Jumat (5/1).

Her mengatakan angka tersebut hanya yang terpantau karena menggunakan maskapai dalam negeri. Menurut dia, jika ditambah dengan maskapai luar negeri maka jumlahnya berpotensi lebih besar.

Ia mengatakan angka tersebut naik sekitar 30 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Menurut dia, kenaikan tersebut seiring dengan tingginya minat masyarakat untuk melakukan ibadah umrah.

"Selain itu, saat ini makin banyak maskapai penerbangan yang melakukan penerbangan langsung dari Solo ke Jedah maupun Madinah," katanya.

Ia mengatakan salah satu maskapai penerbangan yang belum lama ini membuka rute Solo-Jedah dan Solo-Madinah yaitu Lion Air. Dengan adanya pembukaan rute tersebut, artinya saat ini ada dua maskapai yang melayani penerbangan Solo-Madinah, yaitu Lion Air dan Garuda Indonesia.

Mengenai target musim umrah tahun ini, dikatakannya, tumbuh dibandingkan realisasi anggota jamaah pada musim umrah sebelumnya yaitu sebanyak 19.000 orang.

Ia mengatakan dari total target tersebut, 20.000 di antaranya merupakan kursi yang sudah disediakan oleh maskapai Garuda Indonesia, sedangkan sisanya adalah kursi penerbangan yang disediakan oleh Lion Air.

"Kami menilai peningkatan ini karena adanya maskapai tersebut maka masyarakat Solo yang sebelumnya melakukan pemberangkatan umrah melalui Jakarta saat ini memilih Solo," katanya.

Redaktur : Muhammad Subarkah