Kereta Haramain Makkah-Madinah Beroperasi Pertengahan 2018
Ahad , 07 January 2018, 12:38 WIB

saudigazette.com
Maket dan jalur kereta api Haramain.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Juru Bicara Otoritas Angkutan Umum Saudi (PTA) Abdullah Sail mengatakan akan melakukan uji coba perjalanan pekan depan dengan rute Makkah-Madinah.

Dilansir di arabnews, Sabtu (6/1) uji coba ini akan dilakukan sebanyak dua kali. Sedangkan secara resmi kereta Haramain akan beroperasi mulai pertengahan 2018 setelah stasiun bandara Jeddah dan King Abdul Aziz selesai dibangun.

"Uji coba perjalananakan dilakukan secara bertahap hingga nanti dapat beroperasi secara komersial,"jelas dia.

Abdullah Sail mengatakan dalam uji coba nantinya beberapa penumpang akan diajak untuk mencoba pengalaman kereta api ini. Selain berkecepatan tinggi, kereta ini juga dilengkapai berbagai layanan yang dapat dinikmati penumpang selama akhir pekan dan perjalanan khusus sebagai rangkaian dari uji coba.

Hingga saat ini PTA belum menetapkan harga tiket perjalanan menggunakan kereta ini. Namun penetapan harga tiket kereta Makkah - Madinah masih terus dibahas hingga kereta resmi beroperasi.

Nantinya harga yang ditetapkan harus sesuai dengan untuk semua orang dan layanan yang diberikan. Penyediaan layanan kereta cepat ini selain untuk warga Saudi juga untuk jamaah umrah.

Hingga tahun 2020 diperkirakan jamaah umrah dalam setahun mencapai 15 juta orang. Nantinya dengan adanya kereta ini waktu tempuh perjalanan Makkah -Madinah hanya dua jam, tidak seperti sebelumnya yang menggunakan busa dengan waktu tempuh enam jam.n

Redaktur : Muhammad Subarkah
Reporter : Ratna Ajeng Tejomukti
Sumber : arab news