Arab Saudi Tingkatkan Kuota Haji India
Selasa , 09 Januari 2018, 23:34 WIB

hajhouse.com
Calon haji India

IHRAM.CO.ID, NEW DELHI -- Arab Saudi menambah 5.000 slot kuota haji India. Peningkatan itu menjadi yang kedua kali dalam dua tahun terakhir. "Dengan jumlah jamaah haji yang bisa melakukan haji menjadi 175.025 orang," kata Menteri Perhubungan India Mukhtar Abbas Naqvi dilansir dari Asia Net India, Selasa (9/1).

Naqvi mengklaim kenaikan tersebut selama dua tahun terakhir hampir mencapai angka 40 ribu. Ia menganggap peningkatan ini merupakan 'rekor ekspansi' sejak kemerdekaan negara tersebut.

Kenaikan kuota haji India itu efektif berlaku pada akhir tahun ini. Arab Saudi tahun lalu meningkatkan kuota India sebesar 35 ribu. Pada 2017, kuota haji India sebanyak 170.025.

Menteri urusan minoritas tersebut menghubungkan kenaikan itu dengan popularitas Perdana Menteri Narendra Modi dan hubungan India yang membaik dengan Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya di bawah kepemimpinannya. Ini adalah rekor ekspansi setelah kemerdekaan. "Pemerintahan Modi telah memenuhi kebutuhan sosio-ekonomi dan agama dengan kejujuran, tanpa adanya pertaruhan politik," ujar Naqvi.

Ia menambahkan pada tiga tahun lalu, selama rezim Kongres, kuota haji India sebesar 1.36.020. Kuota itu meningkat menjadi 175.025 dalam dua tahun terakhir.

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : Umi Nur Fadhilah