Musim Umrah 2017, 2,4 Juta Peziarah Lalui Bandara Jeddah
Ahad , 14 Januari 2018, 10:29 WIB

Republika/Nashih Nashrullah
Jamaah haji Indonesia di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. (olistrasi).

IHRAM.CO.ID,  JEDDAH - Lebih dari 2,4 juta peziarah  telah melalui  Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) di Jeddah. Jumlah ini terdeteksi  sejak awal musim Umrah 2017 berlagsung, yang dimulai pada bulan November 2017 dan akan berlanjut sampai Juli 2018.

“Sebanyak 1,23 juta peziarah tiba dan 1,21 juta di antaranya berangkat melalui bandara,”  kata Direktur Jenderal Bandara Internasional King Abdulaziz Abdullah Al-Rimi.

"Musim Umrah untuk tahun ini dimulai dengan sejumlah besar peziarah. Kami mengharapkan kenaikan dalam beberapa bulan mendatang, terutama saat Ramadhan, "katanya.

“Pemerintah Saudi selalu memastikan bahwa peziarah menerima layanan terbaik. Semua dinas pemerintah yang bekerja di bandara beroperasi setiap jam untuk melayani peziarah, "kata Al-Rimi.

Bandara ini diperkirakan akan menerima 10 juta peziarah musim ini.

Ada lebih dari 27 layanan pemerintah dan swasta di bandara. “Ada juga tujuh pintu kedatangan dan tujuh terminal keberangkatan untuk peziarah,” kata Al-Rimi.

“Otoritas Umum untuk Penerbangan Sipil (GACA) telah merencanakan selama bulan-bulan sebelumnya untuk memiliki kemampuan untuk mengelola sejumlah besar peziarah,” katanya/ Ia menambahkan bahwa bandara beroperasi pada tiga kali kapasitas regulernya selama musim Umrah.

"Bandara biasanya menerima tidak lebih dari 9 juta wisatawan per tahun. Sebelumnya, 60 perusahaan beroperasi di bandara, tapi sekarang ada 83 perusahaan. Jumlah perusahaan meningkat menjadi 98 selama musim Umrah, "kata Al-Rimi.

Terminal bandara Jeddah memiliki luas 510.000 meter persegi. Terminal peziarah timur memiliki luas 90.000 meter persegi. Luas plaza adalah 160.000 sq meter.

Selain itu tersedia 26 tempat parkir di bandara yang berisi 10 jembatan bergerak dengan dua pusat operasional. Ada juga menara navigasi, 18 gerbang perjalanan, 14 terminal untuk peziarah, 143 loket imigrasi, 120 loket untuk Kementerian Haji, dan 254 loket perjalanan.

Faslitas ban berjalan pengangkut tas dab barang bawaan tersedia sepanjang 1.180 meter.

Ada dua terminal untuk pelancong kelas satu dan orang tua. Ada juga 123 kamar hotel. Ada food court dan arena layanan komersial dengan luas 9.418 meter persegi.  Dab ada pula 20 ruang tunggu di bandara, 40 ruang sholat, dan 32 toilet.

Redaktur : Muhammad Subarkah
Sumber : saudigazette.com