Pendaftar Haji di Karawang Capai 40 Orang per Hari
Senin , 15 Januari 2018, 20:48 WIB

Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah warga mengikuti kegiatan manasik haji (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, KARAWANG -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyatakan, minat masyarakat untuk berangkat ke Tanah Suci guna menunaikan ibadah haji cukup tinggi hingga ada 20-40 pendaftar setiap hari. "Setiap hari selalu ada masyarakat yang mendaftar haji. Jika dirata-ratakan, ada 20-40 pendaftar haji setiap hari," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Karawang Odang Buchariana, di Karawang, Senin (15/1).

Odang mengatakan, dengan tingginya minat masyarakat untuk berangkat ke Tanah Suci, maka itu memengaruhi daftar tunggu haji di daerah tersebut. Pada tahun 2016, daftar tunggu haji di daerah tersebut mencapai sekitar 15 tahun atau tahun 2031-2032.

Artinya, masyarakat yang mendaftar haji pada tahun itu baru mendapat giliran berangkat ke tanah suci pada tahun 2031-2032. Sedangkan, jika masyarakat baru mendaftar haji tahun ini, harus menunggu tahun 2032-2033 untuk mendapat giliran berangkat ke Makkah.

"Sampai saat ini tercatat sekitar 30 ribu orang masuk daftar tunggu haji, dengan asumsi kuota haji 2.178 orang," katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat yang berencana berangkat ke Makkah untuk ibadah haji, lebih baik segera mendaftar atau tidak menunggu usia tua. Sebab, mereka tidak bisa langsung berangkat, tapi harus menunggu lebih dari 10 tahun.

Hal tersebut disampaikan karena selama beberapa tahun ini, pendaftar haji di Karawang banyak yang berusia tua. Bahkan, ada pendaftar haji yang sudah berusia 75-80 tahun.

Redaktur : Agus Yulianto
Sumber : Antara