Jutaan Muslim Berkumpul dalam Festival Bishwa Ijtema
Kamis , 18 January 2018, 12:47 WIB

Courtesy Onislam.net
Muslim Bangladesh

IHRAM.CO.ID,  BISHWA -- Jutaan umat Muslim ambil bagian dalam acara pertemuan tahunan umat Muslim di Tongi, di luar kota Dhaka, Bangladesh, yang dikenal dengan sebutan Bishwa Ijtema. Dilansir dari World Bulletin, Kamis (18/1), Bishwa Ijtema adalah sebuah pertemuan yang hanya berfokus pada shalat dan berdo'a bersama, dan tidak terbuka untuk diskusi politik.

Bishwa Ijtema memiliki makna 'kumpulan umat dunia' dan telah menarik umat Muslim dari 150 negara. Festival ini difokuskan untuk menafsirkan makna sebenarnya dari Alquran dan dikenal sebagai perayaan non-politik yang damai.

Acara ini adalah pertemuan atau kumpulan umat Islam terbesar kedua setelah haji di Makkah. Bishwa Ijtema diadakan dalam dua fase. Fase pertama dimulai pada Jumat (12/1) lalu dan berakhir pada Ahad (14/1). Kemudian setelah istirahat selama empat hari, fase kedua akan dimulai pada Jumat (19/1) dan berakhir pada Ahad (21/1) di tepi Sungai Turag.

Pada 2016, sekitar dua juta orang menghadiri festival yang diadakan di tepi sungai Turag dekat Dhaka di Bangladesh tersebut. Sedangkan tempat berkumpul utama ialah sekitar 3km utara Bandara Internasional Dhaka. Ini adalah pertemuan Muslim terbesar kedua setelah haji dan dihadiri oleh lima juta orang pada 2010.

Redaktur : Agus Yulianto
BERITA TERKAIT