India Berterima Kasih Saudi Tingkatkan Kuota Haji 2018
Kamis , 08 February 2018, 08:42 WIB

Republika/Ani Nursalikah
Jamaah asal India membagikan masker gratis kepada jamaah haji di Masjid Nabawi jelang maghrib, Selasa (15/8).

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- India dan Arab Saudi menggelar pertemuan membahas sejumlah isu. India menjadi negara tamu kehormatan dalam festival nasional dan budaya Saudi Al Janadriyah untuk tahun ini.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj mengucapkan terima kasih kepada Arab Saudi karena telah meningkatkan kuota haji India, Rabu (7/2). Ia menyampaikan ini membuat Muslim India bisa lebih banyak mengunjungi Saudi.

"Sekali lagi saya berterima kasih kepada Yang Mulia karena telah meningkatkan kuota haji untuk India dan juga untuk pengaturan dan perawatan khusus yang diberikan kepada jamaah," katanya dilansir NDTV.

Bulan lalu, Arab Saudi kembali meningkatkan kuota haji India sebanyak 5.000 orang untuk tahun ini. Keputusan Riyadh tersebut terjadi setelah Menteri Urusan Minoritas Union Mukhtar Abbas Naqvi menandatangani sebuah perjanjian tahunan bilateral untuk Haji 2018 dengan Menteri Haji dan Umrah Mohammad Saleh bin Taher Benten.

Sekarang, total 175 ribu warga India bisa pergi haji. Tahun lalu, Arab Saudi meningkatkan jatah haji India sebesar 35 ribu kursi.

Sushma Swaraj mengatakan partisipasi India di Festival Al Janadriyah memberi kesempatan menunjukkan hubungan bilateral kedua negara yang kuat. Menteri India yang berkunjung menerima jamuan festival Raja Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud di Paviliun India yang menampilkan aspek tradisional dan modern India.

"Paviliun dengan tema 'Saudi ka dost Bharat' sangat menarik perhatian Janadriyah," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rveesh Kumar.

Sebelumnya, Sushma Swaraj dan Raja Salman membahas angkah-langkah untuk lebih meningkatkan kemitraan strategis di semua sektor. Keduanya sepakat bekerja sama untuk mencapai tujuan masing-masing.

Sebelum itu, Sushma Swaraj bertemu dengan Menlu Saudi Adel Jubeir dan membahas pendalaman hubungan bilateral. Menurut Kumar, diskusi antara Sushma Swaraj dan Adel Jubeir berfokus pada peningkatan hubungan perdagangan dan investasi, energi, pertahanan dan keamanan, budaya dan masyarakat.

"Kedua Menteri Luar Negeri tersebut juga membahas situasi regional dan global," kata dia. Hubungan India-Arab Saudi meningkat dengan Kemitraan Strategis selama kunjungan Perdana Menteri Manmohan Singh ke kerajaan Teluk pada 2010.

Arab Saudi adalah mitra dagang terbesar keempat untuk India dengan perdagangan bilateral melebihi 25 miliar dolar AS pada 2016-2017. Sebagai pemasok minyak mentah terbesar di India, Arab Saudi menyumbang sekitar 20 persen dari total impor tahunan.

Negara Teluk juga merupakan rumah bagi sekitar 3,2 juta orang ekspatriat India, yang mencakup sejumlah profesional, termasuk dokter, insinyur perangkat lunak dan teknolog minyak. Sushma Swaraj tiba di Saudi pada Selasa dalam kunjungan tiga hari selama kunjungan resminya yang pertama ke kerajaan Teluk ini.

 

Redaktur : Ani Nursalikah
Reporter : Lida Puspaningtyas