Saudi Tambah Kuota Haji Pakistan
Senin , 12 February 2018, 14:11 WIB

Dawn.com
Jamaah haji pakistan.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Tahun ini, Riyadh mengizinkan Islamabad, Pakistan melaksanakan kesepakatan tahun lalu ihwal peningkatan jumlah jamaah haji. Sebanyak 184.210 orang Pakistan dijadwalkan melakukan ziarah tahun ini.

Dilansir dari The Express Tribune, otoritas haji menjelaskan Arab Saudi sepakat meningkatkan kuota haji Pakistan sebanyak 5.000 slot. Persetujuan itu dianggap hiburan tersendiri usai Islamabad melakukan beberapa kali permintaan.

Menteri Agama Sardar Muhamad Yousaf sendiri yang membahas dan menandatangani nota kesepahaman (MoU) itu dengan pemerintah Arab Saudi pada pekan lalu. "MoU terkait dengan pengaturan pra-haji, telah meminta pemerintah Saudi untuk mengizinkan Pakistan melaksanakan kesepakatan tahun lalu pada tahun ini, kata Yousaf.

Arab Saudi mengizinkan Pakistan mengirim 5.000 peziarah tambahan tahun ini. Pemerintah memutuskan kouta tambahan itu diberikan pada calon jamaah yang akan berangkat menggunakan skema operator tur pribadi.

Perdana menteri Pakistan telah mengirim permintaan ke Arab Saudi untuk meningkatkan jatah haji untuk negaranya sesuai kenaikan jumlah penduduknya berdasarkan hasil sensus baru. Sesuai dengan mekanisme Arab Saudi untuk meningkatkan kuota negara manapun, Pakistan memerlukan 22 ribu sampai 25 ribu slot.

Tahun ini, Saudi menolak permintaan itu karena kurangnya ruang di Mina. Arab Saudi meyakinkan Islamabad, mereka akan meningkatan slot haji Pakistan sesuai dengan jumlah penduduknya jika pekerjaan perluasan di Mina selesai

Berbicara tentang pemungutan suara aplikasi haji di bawah skema pemerintah yang dihentikan Pengadilan Tinggi Sindh dan Pengadilan Tinggi Lahore, Kementerian Agama meminta pengadilan puncak menyetujui untuk menggabungkan berbagai kasus mengenai kebijakan haji 2018. Seluruh otoritas terkait akan melakukan pendengaran pada 14 Februari 2018.

"Begitu Mahkamah Agung memberikan putusannya yang terakhir atas kasus tersebut, proses pemungutan suara akan dilakukan sesuai hasil (putusan), ujar dia.

Sebelumnya, otoritas haji setempat mengumumkan negara tersebut mendapat jatah 179.210 slot kursi pada musim haji 2018.

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Umi Nur Fadilah