Kuota Haji untuk Azerbaijan Menurun
Senin , 12 Februari 2018, 16:59 WIB

Khalil Hamra/AP
Ribuan jamaah bertawaf di sekeliling Ka'bah, Senin (28/8)

IHRAM.CO.ID, BAKU -- Kantor Muslim Kaukasia (CMO) mengatakan, bahwa kuota haji sebanyak 600 jamaah dari Azerbaijan telah ditetapkan untuk penyelenggaraan ibadah haji musim 2018. Dilansir dari media setempat APA, Senin (12/2), jumlah itu adalah kuota paling sedikit yang dialokasikan untuk jamaah haji Azerbaijan saat ini.

Pada 2017, sebanyak 900 jamaah dari Azerbaijan melaksanakan ibadah haji. CMO mulai menerima dokumen untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini pada 12 Februari. Pendaftaran ibadah haji dari Azerbaijan hanya bisa dilakukan melalui CMO.

Paket ibadah haji tahun ini adalah senilai 4.150 dolar AS per orang. Tahun lalu, paket ibadah haji per orang ialah senilai 3.850 dolar AS.

Arab Saudi sendiri telah mengembangkan proyek baru yang akan memungkinkan menerima dan menampung sebanyak 30 juta jamaah selama haji dan umrah. Proyek tersebut ditujukan untuk perluasan halaman Kabah, merenovasi saluran listrik dan air serta fasilitas medis, meningkatkan jumlah hotel, dan memperbesar area bandara di Jeddah. Saat ini, Arab Saudi memiliki kapasitas untuk menerima 5 juta jamaah selama haji dan 2 juta jamaah selama umrah.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Kiki Sakinah