Wilayah Taraba Nigeria Peroleh 1.600 Kuota Haji
Rabu , 14 February 2018, 13:43 WIB

naijaloaded
Calon haji Nigeria (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- National Hajj Commission of Nigeria (NAHCON) telah mengalokasikan 1.600 kuota haji untuk wilayah Taraba. Kepala Muslims Pilgrims Welfare Board Taraba, Alhaji Hamman-Adama Tukur mengatakan, jumlah ini sudah termasuk peningkatan sebanyak 143 kursi.

Tahun 2017 lalu, Taraba memperoleh 1.457 kursi. Menurut Tukur, NAHCON belum mengumumkan biaya haji 2018. Namun, 150 orang sudah membayar deposit berdasarkan harga tahun 2017 yakni 1,5 juta naira.

Jika ternyata biaya yang dibutuhkan lebih besar, maka jamaah diminta membayar sisanya. Namun jika harganya di bawah, maka Komisi akan mengembalikan dana.

Menurut Tukur, jumlah jamaah yang sudah membayar lebih sedikit dibanding tahun lalu. "Tahun lalu, lebih dari 900 jamaah sudah membayar deposit di awal, kini hanya 150 orang," kata dia dilansir Guardian Nigeria, Selasa (13/2).

Menurutnya, ada rumor yang menyebut biaya haji akan meningkat sehingga mempengaruhi jumlah deposit. "Kami akan melakukan yang terbaik untuk memberi layanan paling efektif sesuai kebutuhan mereka," kata Tukur.

Wilayah Tabara, tambahnya, dinobatkan masuk grup A oleh NAHCON yang termasuk kelompok terdepan. Sama seperti wilayah Kano dan Kaduna. "Kita sudah mengamankan akomodasi dan membuat perjanjian dengan pihak Saudi," kata dia.

Tukur pun mendesak jamaah untuk segera membayar deposit agar segala pengurusan keperluan haji bisa diselesaikan tepat waktu. Tenggat waktu pembayaran adalah Mei 2018.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Lida Puspaningtyas