Deposit Haji Wilayah Katsina, Nigeria Masih Minim
Jumat , 16 Februari 2018, 00:58 WIB

AFP
jamaah haji nigeria

IHRAM.CO.ID,  ABUJA -- Jumlah calon jamaah yang sudah membayar deposit biaya haji 2018 masih sangat minim di Nigeria. Menjelang penutupan pengumpulan dana, hanya 700 jamaah di negara bagian Katsina yang sudah menyerahkan deposit.

Pengumuman awal terkait dana awal ini telah disebarkan sejak November 2017 lalu. Kantor berita Nigeria (NAN) menyampaikan negara bagian Katsina memperoleh 4.930 kursi kuota jamaah.

Deposit awal ditentukan sedikitnya 300 ribu naira dari total biaya haji sebesar 1,49 juta naira. Direktur Eksekutif Lembaga Jamaah Katsina, Alhaji Muhammad Abu-Rimi mengonfirmasi bahwa partisipasi deposit sangat minim.

Meski demikian, lembaga tetap mempersiapkan segala keperluan. Ia menekankan masih ada batas waktu hingga 15 Maret agar calon jamaah mendepositkan dana sesuai aturan.

Menurutnya, lembaga juga melakukan beberapa kali survei ke Arab Saudi untuk mengamankan akomodasi baik di Makkah maupun Madinah. Sehingga ia mendesak jamaah segera melakukan pembayaran.

Sejumlah pertemuan juga digelar bersama pemerintah Saudi Arabia dan NAHCON untuk memastikan pelaksanaan haji tahun ini berjalan lancar. Mereka membahas sejumlah strategi operasi untuk kelancaran jamaah.

Kepala NAHCON Salisu Shinkafi mengatakan pertemuan ini sangat penting. Menurutnya kerjasama semua pihak, baik lembaga maupun jamaah berperan penting dalam kesuksesan ibadah haji.

Redaktur : Esthi Maharani
Reporter : Lida Puspaningtyas