Perusahaan Turki Tipu Puluhan Calon Jamaah Umrah
Sabtu , 14 April 2018, 12:38 WIB

EPA/MIKE NELSON
Ilustrasi Jamaah Umrah

IHRAM.CO.ID, GAZIANTEP -- Sebuah perusahaan biro perjalanan Turki telah melakukan penipuan terhadap 68 orang. Mereka membayar untuk melakukan ziarah keagamaan umrah ke Mekah tapi malah diajak tur ke provinsi tenggara Gaziantep dan Kahramanmara.

Menurut kantor berita Anadolu Agency, Jumat (13/4), sebanyak 68 orang itu naik dua bus dari distrik Elbistan di Kahramanmara yang paling padat penduduknya. Mereka dijanjikan akan pergi ke Arab Saudi dengan pesawat dari Kayseri, Anatolia Tengah.

Calon jamaah baru menyadari penipuan setelah tiba di Gaziantep. Mereka diajak tur Gaziantep kemudian diberhentikan polisi. Para penumpang di bus mengklaim bahwa mereka masing-masing membayar 690 dolar AS untuk umrah.

Seorang penumpang, Durdu Mehmet Kl, mengatakan biro itu membawa mereka masuk bus dan memberi tahu bahwa mereka akan turun di provinsi Kayseri di Anatolia Tengah. Dari sana mereka akan naik pesawat ke Mekkah.

"Namun setelah naik bus, mereka memberi tahu kami bahwa mereka akan memberi kami tur ke Kolam Abraham di anlurfa, dikenal sebagai Balkl Gl dalam bahasa Turki," katanya. Di malam hari, biro perjalanan memberi tahu bahwa calon jamaah tidak akan dibawa ke Mekkah, tetapi sebaliknya dibawa kembali ke Elbistan.

"Kami menyiapkan perjalanan untuk pergi ke tanah suci, ke Mekkah dan Madinah, tetapi mereka memberi kami tur anlurfa sebagai gantinya dan kemudian membawa kami kembali pulang," kata penumpang lain, Yksel Kl. Saat ini polisi membawa sopir bus ke kantor polisi untuk bersaksi.

Redaktur : Nur Aini
Reporter : Lida Puspaningtyas