Jamaah Palembang Terbanyak Lunasi BPIH di Sumsel
Selasa , 17 April 2018, 11:37 WIB

Republika/Edwin Dwi Putranto
Petugas Bank Mandiri Syariah melayani calon jemaah haji yang melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) di Kantor Cabang Mandiri Syariah Area Bekasi, di Bekasi, Jawa Barat, Senin (16/4).

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Calon haji asal Kota Palembang terbanyak melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada hari pertama atau tercatat 470 orang.

Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatra Selatan Saefudin Latief, Selasa (17/4), mengatakan pelunasan hari pertama tercatat 945 orang dan calon haji Palembang terbanyak. Selanjutnya terbanyak kedua untuk pelunasan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel, sudah mencapai 83 orang, kemudian Kota Lubuk Linggau tercatat 75 calon haji.

Sementara untuk Kabupaten Empat Lawang pada pelunasan hari pertama itu baru empat orang disusul Pagaralam sembilan orang dan Prabumulih ada 19 orang yang melunasi biaya haji. Pelunasan tahap pertama akan ditutup pada 4 Mei 2018. Bahkan ada pelunasan tahap kedua antara lain bila ada yang jamaah calon haji gagal sistem dan jamaah usia lanjut.

"Namun walaupun waktunya masih panjang diminta jamaah calon haji tidak lalai karena waktu terus bergerak," ujar dia.

Dia mengatakan, jumlah pemberangkatan jamaah calon haji pada 2018 untuk Sumsel diberikan jatah 6.988 orang belum ditambah Bangka Belitung. Jamaah calon haji tersebut akan diberangakatkan menuju Arab Saudi berdasarkan jadwal untuk kelompok terbang pertama 17 Juli 2018.

Jamaah calon haji tersebut sebelum terbang ke tanah suci harus masuk asrama terlebih dahulu untuk memeriksa kesehatan akhir dan perlengkapan lainnya. Jamaah calon haji yang sudah terdaftar itu diharapkan tidak ada halangan dan semuanya berangkat untuk menunaikan rukun Islam kelima.

Redaktur : Ani Nursalikah
Sumber : Antara