Maktour Tawarkan Puncak Musim Umrah saat Ramadhan
Sabtu , 21 April 2018, 13:20 WIB

ROL/Fian Firatmaja
Direktur Utama Maktour, Fuad Hasan Masyhuri

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Moment Ramadhan menjadi puncak musim umrah di Arab Saudi. Ratusan ribu bahkah jutaaan jamaah umrah akan memadai kawasan Masjidil Haram. Dampak puncak musim umrah Ramadhan ini menyebabkan biaya umrah lebih mahal dibading bulan-bulan lainnya.

 

Direktur Utama Biro Perjalanan Wisata Maktour Fuad Hasan Masyhuri mengatakan, Ramadhan merupakan puncak musim umrah di Saudi. Sehingga biaya pun lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan lainnya."Bahkan biayanya lebih mahal dibandingkan haji reguler," kata dia kepada Republika.co.id, Sabtu (21/4).

 

Dia mencontohkan, solah biaya sewa hotel. Misalnya, kontrak hotel satu periode musim haji hanya 80 ribu riyal. Tetapi untuk 10 hari terakhir Ramadhan, biayanya mencapai 120 ribu riyal. "Padahal hotel yang digunakan sama, yakni hotel intercontinental," ujarnya.

 

Dikatakannya juga, paket umrah saat Ramadhan biasanya terbagi lagi menjadi beberapa harga. Paket umrah awal Ramadhan, pertengahan Ramadhan, akhir Ramadhan, dan Idul Fitri di Saudi harganya berbeda. Begitu juga yang dimiliki Maktour untuk paket umrah Ramadhan tahun ini. Maktour memiliki lima paket umrah Ramadhan.

 

Paket umrah paling murah seharga 5.700 Dollar AS untuk keberangkatan tanggal 23 Mei. Paket Kedua seharga 6.100 dolar AS untuk keberangkatan tanggal 16 Mei, 21 Mei da 28 Mei.

 

Sedangkan paket ketiga seharga 6.800 dollar AS. Untuk paket keempat kelima merupakan 10 hari terakhir Ramadhan di Saudi. Paket ini seharga 7.500 dollar As keberangkatan 8 Juni dan 7.900 keberangkatan 4 Juni.

 

Dua paket untuk hari terakhir di Saudi, jamaah umrah akan berlebaran di Indonesia. Lama perjalanan seluruh paket delapan hari, termasuk waktu keberangkatan dan kepulangan dari dan ke Indonesia.

 

"Bagi anak-anak berusia dua tahun hingga 12 tahun hanya dikenakanbiaya 75 persen, sedangkan kurang dari dua tahun hanya dikenakan biaya 20 persen dan untuk anak-anak di atas 12 tahun ke atas dikenakan biaya sama dengan orang dewasa," ujar dia.

 

Untuk fasilitas seperti manasik, biasanya jamaah dapat datang langsung ke kantor Maktour dan perwakilan di setiap daerah. Tetapi untuk jamaah VIP dan privat dapat melaksanakan manasik sesuai permintaan. Bagi jamaah yang ingin melaksanakan umrah Ramadhan privat pun dapat dilayani.  

 

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Ratna Ajeng Tejomukti
BERITA TERKAIT