Makkah akan Segera Punya Jaringan Air Bersih Raksasa
Selasa , 24 April 2018, 05:11 WIB

saudigazette.com
Stasiun penyulingan air Shoaiba 2 rencananya akan memompa air bersih pada musim haji 2018.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH - Salah satu pabrik penyulingan air bersih terbesar di dunia telah dipasang di Shoaiba Makkah. Rencara penyulingan ini akan menghasilkan sekitar 92.000 meter kubik air yang dimurnikan setiap hari.

Seperti dilansir Saudigazette.com, pabrik penyulingan air telah menerapkan proyek ini bekerja sama dengan perusahaan Jepang. Ini juga sebagai bagian dari upaya untuk memperluas stasiun penyulingan, yakni pabrik penyulingan air Shoaiba 2.

Menurut berbagai sumber informasi, air dari tempat penyulingan ini diperkirakan akan dipompa ke Makkah dan daerah lain sebelum munculnya musim haji pada bulan Agustus 2018. Bahkan bila berjalan lancar, hal tersebut akan selesai lebih cepat dari jadwal.

Sumber itu menyatakan, pemompaan air diperkirakan dilakukan setelah haji.  Namun, pekerjaan instalasi yang menyeluruh dapat dimungkinkan untuk memulai memompa air sebelum musim haji tiba.

Mereka mengatakan, dua stasiun raksasa lainnya akan dipasang dalam dua tahun mendatang. Buhan hanya itu, jaringan instalasi air juga akan memungkinkan stasiun itu memompakan air yang tercemar ke berbagai bagian wilayah Arab Saudi.

Perusahaan itu, yakni The Saline Water Conversion Corporation (SWCC), pun telah menandatangani beberapa kontrak untuk meningkatkan pasokan air di wilayah Makkah. Pada pada bulan Januari, SWCC telah mengumumkan rencana untuk menghabiskan dana lebih dari SR 9 miliar (2,4 miliar dola AS) dalam membangun infrastruktur untuk proyek-proyek air utama di wilayah Makkah.

Proyek-proyek ini meliputi pembangunan emat tahap penyulingan air tahap dari pabrik itu. Yakni, desalinasi seawater reverse osmosis (SWRO) di Shoaiba, transfer teknologi dan pembelian air di pembangkit listrik dan desalinasi Shoaiba, hingga sistem pemindahan air Shoaiba ke Mina.

Redaktur : Muhammad Subarkah
Sumber : saudigazette.com