Masjid Selat Melaka Jadi Destinasi Wisata Religi
Ahad , 13 Mei 2018, 22:18 WIB

Dok Mira Achiruddin.
Masjid Selat Melaka.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Melaka merupakan salah satu negara bagian di Malaysia. Pada Juli 2008, Melaka dinobatkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia (world heritage).

Salah satu kebanggaan masyarakat  Malaysia, khususnya Melaka adalah Masjid Selat Melaka. “Masjid ini tergolong masjid relatif  baru --  diresmikan pada  24 November 2006 – namun  sudah cukup terkenal baik di Negeri Malaysia  maupun mancanegara,” karena Muslim traveller, Mira Achiruddin yang baru saja mengunjungi Masjid Selat Melaka, April lalu.

Hal itu, kata Mira, karena letak bangunan Masjid Selat Melaka  tergolong unik dan spesial.  “Yaitu  terletak di selat yang tersibuk dan terpanjang di dunia.  Dengan pemandangan yang sangat indah menghadap ke Selat Melaka  di mana banyak kapal besar  berlayar melalui selat tersebut,” kata penyair sufi itu kepada ihram.co.id, Sabtu (12/5).

Ia menambahkan, bangunan  Masjid Selat Melaka terbilang  indah, perpaduan arsitektur Timur Tengah dan Melayu.  Keunikan lain dari Masjid Selat Melaka  adalah memiliki menara yang cukup tinggi.

photo

Muslim traveller dan penyair sufi, Mira Achiruddin, di depan Masjid Selat Melaka.

“Selain berfungsi untuk mengumandangkan azan, menara itu   juga berfungsi sebagai panduan rumah api atau menyebarkan cahaya untuk navigasi bagi kàpal -kapal besar yang melalui Selat Melaka,”  tutur pelancong Muslim yang gemar mengunjungi masjid-masjid tua dan unik di  berbagai kota di Indonesia dan dunia.

Masjid  Selat Melaka  tertata rapih dan bersih. Bagi wisatawan non-Muslim,  masjid tersebut  menyediakan sarung dan kerudung  jika  mereka ingin melihat lihat suasana di dalam masjid.  “Masjid Selat Melaka merupakan salah satu tujuan wisata religi  bagi masyarakat lokal maupun manca negara,” ujarnya.

Jadi, kata Mira, siapapun yang berkunjung atau berwisata ke Selat Melaka, perlu menyambangi Masjid Selat Melaka. “Sempatkanlah untuk singgah dan menunaikan shalat di Masjid Selat Melaka. Masjid  dengan pemandangan selat tersibuk dan terpanjang di dunia,” papar Mira Achiruddin.

Redaktur : Irwan Kelana