Shuttle Bus di Madinah Sudah Digunakan Oleh 3 Juta Orang
Senin , 14 May 2018, 16:16 WIB

Saudigazette.com
Bus Shutle melayani jamaah Masjid Nabawi.

IHRAM.CO.ID, MADINAH - Sekitar tiga juta orang di Madinah telah diuntungkan dari proyek transportasi antar-jemput selama empat tahun terakhir. Laporan harian lokal Al-Watan melaporkan pada hari Ahad lalu (13/5) mengutip Otoritas Pembangunan Madinah, yang mengoperasikan proyek yang tersebut untuk tahun keenam secara berturut-turut. .

Adanya program  ini , para penghuni dan pengunjung akan menggunakan bus ber-AC, yang akan melakukan perjalanan antar-jemput dari berbagai lingkungan ke Masjid Nabawi dan kembali selama bulan suci Ramadhan. Dan pihak berwenang di Arab Saudi memang telah mengalokasikan sembilan lintasan untuk bus yang secara geografis didistribusikan untuk mencakup semua distrik di kota Madinah.

Perjalanan ke dan dari Masjid Nabawi akan dimulai pada jam 3 sore. dan berlanjut sampai tengah malam selama 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Perjalanan nantinya akan dilanjutkan selama setengah jam setelah waktu shalat tahajud (larut malam).

Pihak berwenang pun telah memperkenalkan aplikasi khusus gratis di ponsel untuk menunjukkan kepada pengguna di mana dia berdiri dan mana halte bus terdekat bagi mereka. Di sini juga menyediakan lebih dari 200 orang yang terdiri dari karyawan dan sukarelawan untuk mengawasi pergerakan bus dan memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Pihak berwenang juga telah berhubungan dengan departemen lalu lintas untuk menutup sejumlah jalan menuju ke daerah pusat di sekitar Masjid Nabawi selama sekitar satu jam setelah setiap waktu shalat untuk memastikan arus lalu lintas yang berkelanjutan.

Direktur lalu lintas Madinah, Kolonel Salah Sammar Al-Jabri, meminta warga untuk menggunakan shuttle bus bukan mobil pribadi mereka. Ini agar bisa mencapai Masjid Nabawi dengan waktu lebih cepat.

"Ini akan mengurangi tekanan di jalan-jalan utama dan memastikan kelancaran arus lalu lintas karena bus antar-jemput memiliki tempat parkir khusus di dekat masjid," katanya.

Tempat parkir bus yang luas, terang, dan memiliki jumlah toilet yang cukup, telah disediakan. Mereka juga diawasi oleh petugas keamanan 24 jam secara penuh.

Redaktur : Muhammad Subarkah
Sumber : saudigazette.com