Saudi Siap Menyambut Jamaah Umrah Ramadhan
Rabu , 16 May 2018, 16:01 WIB

Republika/Heri Ruslan
Ilustrasi Jamaah Umrah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Pemerintah Arab Saudi bersama pihak swasta telah merampungkan persiapan keperluan jamaah umrah yang akan melaksanakan ibadah selama bulan suci Ramadhan. Persiapan menyeluruh itu dilakukan di masjid al-Haram, Saudi Arabia.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dan putra mahkota Mohammad Bin Salman Al Saud (MBS) telah memerintahkan agar pelayanan maksimal dapat diberikan kepada para tamu Allah. Guna memaksimalkan hal itu, otoritas setempat juga telah merekrut lebih dari 10 ribu pekerja paruh waktu baik pria dan wanita.

Puluh ribuan sumber daya itu dipersiapkan guna melayani kebutuhan jamaah hingga menjaga kebersihan lingkunan masjid. Pelayanan itu akan disiagakan hingga memasuki hari ke-15 bulan Syawal atau 29 Juni mendatang.

photo

Infografis Umrah

Tak hanya mempersiapkan sumber daya manusia, pemerintah Arab Saudi juga menyediakan sejumlah gerbang dan eskalator bagi para peziarah. Kepala urusan dua Masjid Suci Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais mengatakan, pemrintah telah menyiapkan 210 pintu masuk dan 28 eskalator di masjid al-Haram.

"Sebanyak 38 diantaranya diperuntukan bagi jamaah dengan kebutuhan khusus dan tujuh lainnya untuk wanita," kata Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais seperti dinukil Saudigazette, Rabu (16/5).

Sudais menambahakan, panitia juga telah menyiagakan sekitar 10 ribu kursi roda manual dan sekitar 700 kursi roda listrik. Kedua fasilitas itu dipersiapkan agar dapat digunakan para peziarah umrah. selain itu, dia mengatakan, otoritas juga telah menyediakan cukup mobil golf untuk mengangkut para peziarah yang sudah berusia lanjut.

Sudais mengatakan, persiapan juga dilakukan dalam hal pembagian salinan kitab suci. Panitia, dia melanjutkan, juga akan akan mendistribusikan salinan dan akan menerjemahkan khotbah Jumat ke dalam berbagai bahasa.

Sejauh ini, masjid al-Haram telah memiliki sekitar 660 titik pengisian air Zamzam.

Pemerintah setempat telah menyiapkan sekitar 25 ribu dirigen sebagai alat distribusi air suci tersebut. Otoritas juga telah menyediakan sekitar 352 tanki berbahan stainless untuk melestarikan air yang berada di dalam masjid al-Haram.

Sementara, persiapan penyambutan para jamaah umroh itu diawasi langsung oleh Emir Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal. Dia mengatakan, kerajaan telah memberikan cukup sumber daya manusia, finansial dan teknis agar ibadah umroh para peziarah dapat berlangsung nyaman dan maksimal.

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Rizkyan Adiyudha