Bantu Jamaah Anggota TPP dan TGC Disiagakan di Masjid Nabawi
Ahad , 06 Agustus 2017, 10:36 WIB

ROL/Ani Nursalikah
Antrean menuju Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menempatkan Tim Promotif dan Preventif (TPP) serta Tim Gerak Cepat (TGC) di beberapa pos areal Masjid Nabawi. Penempatan kedua tim ini untuk bersinergi dengan petugas Perlindungan Jamaah (Linjam) dan Sektor Khusus Masjid Nabawi dalam membantu jamaah haji Indonesia.

Jumlah jamaah haji Indonesia di Madinah terus bertambah. Lebih dari 55 ribu jamaah sudah berada di Kota Nabi. Suasana shalat lima waktu di Masjid Nabawi semakin padat dan jumlah jamaah yang lupa jalan pulang atau dimensia juga bertambah.

Menyikapi hal ini, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Eka Jusuf Singka  meminta TPP dan TPV bersinergi dengan petugas Sektor Khusus Masjid Nabawi dalam membantu jamaah haji yang mengalami dimensia.

Khusus Tim TPP dan TGC yang bertugas di lingkungan Masjid Nabawi agar memberi perhatian kepada jamaah yang sering lupa, akibat dimensia ini, terutama setelah shalat dzuhur dan shalat isya, katanya, Sabtu (5/8).

Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi, Etik Retno Wiyati mengatakan, keberadaan TPP dan TPV diperlukan untuk memberikan pertolongan pertama. Jika terdapat permasalahan kesehatan, TGC akan melakukan penanganan medis dan selanjutnya dinilai apakah dikembalikan ke kloter atau perlu penanganan lanjut dirujuk KKHI atau RSAS.

Bila memerlukan rujukan, TGC akan menggerakkan ambulans terdekat untuk menjemput jamaah dan merujuk sesuai kondisi medisnya, apakah RSAS atau KKHI, ujarnya.

Redaktur : Nidia Zuraya
Reporter : Ani Nursalikah