Rentan Lelah, Jamaah Diminta tak Langsung Berumrah
Rabu , 09 Agustus 2017, 17:41 WIB

Nashih Nashrullah Republika
Jamaah Haji Kloter I dari Embarkasi Medan MES I tiba di Makkah, Ahad (6/8) dini hari waktu Saudi

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kelelahan menjadi faktor dominan dirawatnya sejumlah jamaah haji di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. Jamaah pun diminta tidak melakukan umrah langsung begitu di Madinah.

Koordinator Humas KKHI dr Asyesha, mengatakan di antara penyebab kelelahan itu, begitu para jamaah datang di Makkah langsung dipaksakan berumrah wajib sementara daya tahan tubuh sangat berkurang terutama merek yang berusia lanjut. Ini menyebabkan gejala yang awalnya tidak muncul hanya silent menjadi bermanifestasi serta menimbulkan komplikasi lebih jauh.      

“Rata-rata punya sakit jantung dan penyakit paru-paru,” kata dia di Makkah, Rabu (9/8) seperti dilaporkan wartawan Republika.co.id, Nashih Nashrullah, dari Makkah, Arab Saudi.

Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, dr Yanuar Fajar mengatakan sebagian besar jamaah kita adalah lanjut usia yang umurnya rata-rata 60 tahun ke atas. Tingkat risiko tinggi mencapai 66,67 persen. Kondisi ini menjadi perhatian serius KKHI karena rata-rata mendapat gangguan kardiovaskular atau penyakit jantung sistemik. 

Dia meminta para jamaah tidak melakukan umrah wajib langsung begitu tiba di Madinah. Hendaknya beristirahat terlebih dahulu. Imbuan ini penting agar jamaah terhindar dari kelelahan.

Redaktur : Gita Amanda
Reporter : Nashih Nashrullah