49,39 Juta Kerikil Dilemparkan Jamaah Haji ke Tugu Jamarat
Senin , 04 September 2017, 08:45 WIB

Siwi Tri Puji/Republika
Melempar jumrah di Mina. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, MINA - Berapa banyak kerikil yang dilemparkan para jamaah haji ke tugu jamarat selama tiga hari Tashriq? Jawabnya, untuk musim haji 2017 diperkirakan setidaknya kerikil yang dilemparkan ke jamarat sebagai pertanda perlawanan terhadap godaan ibu itu jumlahnya mencapai 49,39 juta kerikil.

Pada hari Tashriq yang pertama, masing-masing peziarah akan membawa serta 21 batu untuk melempar tujuh pada masing-masing dari ketiga replika setan tersebut.

Pelemparan batu merupakan ritual penting dalam ibadah haji. Beberapa peziarah, yang mungkin sangat marah pada setan, akan membuang botol, sepatu, sandal, dan bahan keras lainnya yang kosong.

Namun, pada masa kini,  berkat langkah-langkah keamanan yang rumit, lemparan batu-batu itu mulus tanpa insiden sama sekali untuk membatalkan ritual tersebut.

Seperti dilansir Saudigazette, Berbeda dengan masa lalu, kini proses pengaturan baru di Jembatan Jamarat telah membuat para peziarah tidak perlu kembali ke tenda mereka melalui jalan yang sama yang mereka gunakan untuk sampai di daerah Jamarat. Hal ini telah mencegah munculnya kasus tubrukan antara para peziarah.

Wilayah Jamarat yang kini berada dalam gedung bertingkat layaknya stadion besar, telah dibagi menjadi empat bagian agar  memberi lebih banyak ruang bagi para peziarah ketika menjalankan atvitasnya saat melempar jumarah.

Untuk mengatasi berulangnya tragedi tubrukan jamaah haji saat hendak melempar jumrah tersebut, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pun terus berusaha  memperekat pengawasan diarea  sekitar jamarah di Mina itu. Dan, kini mereka telah mengatur para pelempar batu itu agar tidak mencoba melakukan pelemparan jumrah dari  pukul 14.00 siang sampai jam 18:30 malam.



Redaktur : Muhammad Subarkah