30 Juta Meter Kubik Air Dikonsumsi Selama Musim Haji
Kamis , 07 September 2017, 07:50 WIB

dok.Republika
Ilustrasi Minum Air Zamzam

IHRAM.CO.ID, MAKKAH - Sekitar 30 juta meter kubik air dikonsumsi di Makkah dan tempat-tempat suci selama musim haji 2017.

Dilansir Saudi Gazette.com, menurut Menteri Lingkungan Hidup Air dan Pertanian Arab Saudi, Abdul Rahman Al-Fadli, mengatakan  air yang dipompa selama musim haji ini lebih banyak dari 21 persen bila dibanding dari tahun lalu.

Selama beberapa hari mendatang pun sekitar 10 juta meter kubik air akan dipompa. Selain itu sebanyak 3.500 karyawan dari kementerian ini telah mengawasi penyaluran air.

Ia mengatakan dokter hewan dari kementeriannya juga telah memeriksa lebih dari dua juta ekor domba dan ternak. Dilakukan sebelum hewan-hewan tersebut masuk ke tempat-tempat suci. Adapun sejumlah besar unta diperiksa untuk Sindrom Pernafasan Timur Tengah Coronavirus (MERS).

Sementara itu, untuk tepung yang dikonsumsi pada tahun ini sekitar 1,57 juta kilogram. Ini meningkat 17 persen dibanding tahun lalu.

“Sekitar 850 meter kubik air setiap hari dipompa ke Makkah dan tempat-tempat suci selama musim haji sejak 24 Juli lalu. Lebih dari 800.000 juta karung tepung diproduksi sebagai cadangan untuk toko roti. Dikhawatirkan terjadi kekurangan dalam produksi roti,” kata Fadli, Rabu (6/9). Mgrol97

Redaktur : Muhammad Subarkah