Gubernur Makkah Buka Peresmian Proyek 'Jeddah Waterfront'
Kamis , 30 November 2017, 12:51 WIB

Saudigazette.com
Gubernur Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal, meresmikan proyek 'waterfront' atau daerah tepi laut di Jeddah, Arab Saudi, pada Rabu (29/11) waktu setempat. Peresmian tersebut berlangsung di hadapan Gubernur Jeddah, Pangeran Mishaal bin Majid, dan Wakil Gubernur Pangeran Abdullah bin Bandar.

Dalam kesempatan itu, Pangeran Khaled mengucapkan, selamat kepada jajaran gubernur dan Wali Kota Jeddah, Hani Abu Ras, atas usaha dan kreativitas mereka dalam menciptakan proyek tersebut.

"Kami mengucapkan selamat kepada bangsa ini atas proyek ini. Proyek hebat seperti itu biasanya tidak tersedia pada saat bersamaan dan di tempat yang sama, namun tersedia dan disinkronkan diKkota Jeddah. Pada kesempatan ini, saya mengucapkan selamat kepada penduduk Saudi dari negara yang indah ini dan pemimpin terhormatnya, Raja Salman bin Abdul Aziz dan Putra Pangeran Mohammed bin Salman," kata Pangeran Khaled, dilansir dari Arab News, Kamis (30/11).

Pangeran Khaled juga menyampaikan terima kasihnya kepada menteri urusan kota dan pedesaan atas perhatian yang begitu besar di kawasan ini dan atas proyek-proyek yang mereka bangun. "Pertanyaan saya kepada masyarakat Jeddah adalah: Maukah Anda melindunginya, atau akankah kita mendengarnya besok bahwa itu disabotase?" lanjut Pangeran Khaled.

Proyek tepi laut yang baru di Jeddah ini terletak di sepanjang pantai Laut Merah. Proyek ini memiliki luas 730 ribu meter persegi dengan panjang lebih dari 4 km. Proyek Waterfront tersebut menelan total biaya sebesar 800 juta Saudi Riyal.

Proyek baru yang dikenal sebagai 'Jeddah Waterfront' ini terbuka bagi penduduk dan pengunjung yang menggunakan logo. Logo tersebut menunjukkan sekumpulan burung camar, yang terinspirasi dari burung camar yang tinggal di tepi laut kota Jeddah.

Proyek waterfront ini berada di sepanjang pinggir laut kota Jeddah dari utara ke selatan, di mana burung camar beterbangan. Perkembangan proyek ini merupakan fase pengembangan terbesar dari pelabuhan laut Jeddah. Dalam proyek itu juga terdapat layanan dan elemen yang telah ditambahkan untuk pertama kalinya ke dalam proyek waterfront.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Kiki Sakinah