Melihat Pabrik Kiswah dan Museum Makkah.
Ahad , 28 January 2018, 06:33 WIB

saudigazette.com
Tempat belanja di Makkah.

IHRAM.CO.ID, Pengunjung ke Makkah memiliki beberapa tempat pemberhentian yang bisa mereka kunjungi dimana mereka bisa belajar tentang harta karun dan sejarah kota tersuci Islam. Selain mengunjungi Masjidil Haram, ada banyak situs keagamaan dan warisan yang ditawarkan melalui Jabal Omar Development Company untuk tamu mereka.

photo
Suasana pabrik kiswah

Salah satu lokasi tersebut adalah pabrik dimana kiswah Ka'bah dibuat. Kiswah dijahit dengan tangan oleh pengrajin terampil yang menggunakan kain beludru putih hitam untuk menambahkan garis ayat Alquran dan prasasti suci beserta benang perak dan emas.

Pengunjung juga dapat menuju ke pusat pameran khusus tentang sejarah Dua Masjid Suci di mana harta karun dan artefak Mekkah dan Madinah itu ditampilkan. Apalagi tempat pameran ini telah menyimpan berbagai benda dan bangunan yang telah berabad-abad serta  pernah pula menjadi bagian dari kota-kota suci.

photo
Pengrajain mengerjakan kain kiswah.

Setelah berkeliling pabrik dan pameran, pengunjung dapat beristirahat dengan bersantap di puluhan restoran yang populer di kalangan penduduk lokal dan peziarah dari luar negeri.Lokasi itu dekat pasar terkenal Mekah, di mana suvenir dan barang koleksi dapat dibeli.

photo
Koleksi pintu Ka'bah.
Redaktur : Muhammad Subarkah