Shalat Subuh dengan Orang Uzbeksitan di Masjid Nabawi
Sabtu , 23 December 2017, 07:44 WIB

Dian Anjarwati
H Hamzah (67 tahun) asal Bandung.

IHRAM.CO.iD, BANDUNG -- Menunaikan ibadah haji memang peristiwa tak terlupakan. Apalagi di sana mereka bertemu langsung dengan sesama Muslim yang datang dari berbagai negara. Maka, tak heran apabila kemudian menemukan banyak kisah yang mengharukan.

Pengalaman seperti itu  pernah terjadi Hamzah laki-laki berusia 67 tahun asal Bandung. Dia menceritakan  salah satu pengalaman berkesan saat berada di tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.

Menurutnya, saat itu dirinya ingin shalat Shubuh di Masjid Nabawi di saf paling depan. Namun, karena fisiknya tak lagi muda membuatnya sulit berjalan. Untungnya, di saat dia kebingungan ingin pergi ke shaf depan tiba-tiba ada seseorang jamaah yang membantunya mendapatkan tempat di shaf depan itu.

"Ketika di Madinah saya ingin shalat Shubuh di masjid Nabawi. Namun tidak kebagian di depan karena sepertinya penuh. Lalu ada yang menggandeng saya, orangnya tinggi besar. Dia membawa saya  ke depan. Dia mengaku orang Uzbekistan, saya disuruh shalat dan berdoa di shaf depan," ujarnya.

Baginya hal itu benar-benar di luar dugaannya. Ini merupakan kali pertama dirinya berangkat haji. Sebelumnya ia hanya mendengar kisah-kisah dari teman-temannya yang telah berhaji.

"Saya tidak menyangka akan mengalaminya. Sebelumnya ada perasaan di hati saya, apakah benar kisah-kisah yang dialami teman-teman saya. Saya ingin membuktikannya," katanya.

Selama disana dirinya mengaku dalam keadaan baik-baik saja dan dimudahkan dalam menjalankan serangkaian ibadah haji.

"Alhamdulillah kita kan kesana niatnya ibadah, jadi segalanya lancar. Kemudian ada dukungan dari anak-anak yang membuat saya semangat," ujarnya.

Ia berharap semoga pengalamannya itu menjadi pertanda bahwa hajinya diterima Allah SWT dan menjadi haji yg mabrur. Mgrol97

Redaktur : Muhammad Subarkah