Agar Mendapatkan Kurma Terbaik
Jumat , 09 December 2016, 16:55 WIB

Republika/Rakhmawaty La'lang
Kurma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika membicarakan ibadah haji dan umrah, hal menarik lainnya yang biasa diperbincangkan adalah berbelanja oleh-oleh khas Tanah Suci. Buah kurma, salah satunya, para jamaah membeli makanan itu untuk dijadikan buah tangan, baik untuk keluarga maupun kerabat atau tetangga. 

Selain rasanya yang enak, kurma juga memeiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat sehat dari buah kurma, maka kurma yang dikonsumsi pun haruslah yang kondisinya baik dan tentu sehat. Berikut tips cara memilih buah kurma yang bekualitas baik. 

1. Pilihlah buah kurma yang segar dan tidak terlalu berkerut kulit arinya. Kulit ari harus mengilat dan tidak terlalu kering, warnanya seragam, dan tidak pecah-pecah.

2. Jika membeli kurma dalam kemasan, maka perhatikanlah kemasannya. Jangan sampai memilih kemasan yang sudah rusak atau terbuka dan jangan lupa memeriksa juga tanggal kedaluwarsanya

3. Pilihlah buah kurma yang besar. Bukan berarti buah kurma yang kecil itu tidak baik untuk dimakan, hanya saja buah kurma yang sudah kecil biasanya sudah lama mengering. 

4. Carilah buah kurma yang tidak lengket saat dipegang. Beberapa pedagang menggunakan trik ini dengan menambahkan madu atau gula cair pada kulit kurma agar terasa manis, atau untuk menutupi rasa buah kurma yang sudah tidak baik lagi kualitasnya.

5. Buah kurma yang masih segar berwarna cokelat kemerahan atau kekuningan. Meski kurma bisa bertahan lama, namun akan lebih baik bila memilih yang masih segar.

6. Jika bisa sebaiknya dicicipi dahulu, pilihlah kurma dengan tekstur dan daging buah yang empuk dan tidak keras, dan tidak berbau pastinya.

7. Sebaiknya hindari membeli kurma di tempat yang terbuka tanpa adanya penutup kemasan. Debu dan binatang yang menempel pada kulit kurma bisa mengurangi khasiatnya.

 

 

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : mgrol84


Agus Merasakan Getaran Saat Berdoa di Multazam
Senin , 13 February 2017, 09:04 WIB
Saat Tahalul, Agus Cukur Rambut Habaib dan Ulama
Senin , 13 February 2017, 16:50 WIB
Proyek Penataan Transportasi Makkah Mulai Dikerjakan
Senin , 13 February 2017, 04:23 WIB

KURS VALAS

Sumber: Bank Indonesia
Mata uangJualBeli
USD
13396.00
13262.00
SAR
3572.17
3535.50
Last Update : Monday, 06 February 2017