Pilih Travel Umrah, Jangan Tergiur Harga Murah
Selasa , 10 January 2017, 18:55 WIB

Republika/ Tahta Aidilla
Ilustrasi Travel Umrah dan Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid memberikan beberapa tips bagi masyarakat yang hendak memilik biro perjalanan umrah. Masyarakat diharapkan tidak tergiur dengan harga murah yang ditawarkan perusahaan travel, tapi harus tetap memperhatikan beberapa aspek penting lainnya.

Menurut Sodik, yang pertama harus dilihat yakni aspek legalitas perusahaan tersebut. Setelah itu lihat sumber daya manusianya. "Lihat manajemennya, terutama kualitas pembimbing," kata dia kepada Republika.co.id, Selasa (10/1).

Kemudian, kata Sodik, masyarakat juga harus melihat rekam jejak kinerja perusahaan tersebut. Apakah termasuk salah satu travel yang sering menelantarkan jamaah atau tidak. Untuk bisa memperoleh informasi ini, masyarakat dapat bertanya kepada 'alumni' (orang yang pernah menggunakan jasa perusahaan itu) atau menggali informasi dari mesin pencari di internet.

Aspek selanjutnya yaitu masalah harga. Harga murah tidak menjamin pelayanan yang diberikan bagus. "Waspadai jika harga terlalu murah dan beda jauh dengan harga rata-rata," ujar Sodik.

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Qommarria Rostanti