Agar tak Kehilangan Momen Berharga di Tanah Suci
Kamis , 12 January 2017, 10:03 WIB

AP
Jamaah umrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ibadah haji merupakan ibadah dengan perjalanan panjang dan terdapat kegiatan yang cukup padat. Tentunya jangan sampai anda melewatkan momen berharga ketika di Tanah Suci melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Banyak kasus jamaah yang tertinggal dari rombongan atau melewatkan hal-hal penting karena lupa, untuk anda yang pelupa Republika.co.id ingin memberikan tips untuk anda.

Berdoa

Menyadari kelemahan diri dan meminta perlindungan Allah adalah cara paling ampuh dan paing utama yang bisa dilakukan. Karena hanya kepada Allah kita kembali.  Hanya Allah yang Maha Melindungi dan memberi kekuatan. Juga selalu bershalawat dan beristighfar agar terhindar dari sifat lupa ketika di Tanah Suci.

Selalu catat atau foto

Di Tanah Suci selalu ramai dan cenderung padat, baik dari penduduk lokal maupun turis jamaah haji dan umrah. Tempat-tempat di sana pun cenderung mirip terutama di Masjidil Haram. Untuk yang satu ini baiknya anda selalu membawa catatan kecil atau kamera yang dapat anda gunakan untuk merekam jejak perjalanan anda bersama rombongan ketika memulai perjalanan. Ini akan memudahkan jika anda tertinggal dari rombongan dan tersesat. Jadi, dua alat tersebut dapat membantu anda untuk mengingat jalan pulang.

Jangan terpisah dari rombongan

Usahakan jangan pernah terpisah dari rombongan, ke mana pun anda akan pergi baik itu wudhu atau membeli air minum anda jangan pernah terpisah dari mereka. minimal anda minta ditemani oleh satu atau dua orang teman anda yang hafal jalan dan cekatan, ini bisa memudahkan jamaah untuk kembali ke tempat semula atau bergabung lagi bersama rombongan.

Atur jam sesuai jam wilayah

Pernah ada satu kejadian jamaah yang keliru waktu shalat, itu disebabkan ketika pertama kali datang ke Makkah ia lupa menyesuaikan jam dengan waktu di negara Arab Saudi. Alhasil ketika ia sedang istirahat ia kaget dan terburu-buru ketika melihat jam sudah menunjukkan waktu Subuh tapi ternyata waktu di sana masih dapat digunakan untuk dirinya beristirahat. Untuk itu ketika baru pertama kali sampai di Tanah Suci ada baiknya menyesuaikan jam tangan atau jam di ponsel anda dengan jam wilayah.

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : mgrol86


Agus Merasakan Getaran Saat Berdoa di Multazam
Senin , 13 February 2017, 09:04 WIB
Saat Tahalul, Agus Cukur Rambut Habaib dan Ulama
Senin , 13 February 2017, 16:50 WIB
Proyek Penataan Transportasi Makkah Mulai Dikerjakan
Senin , 13 February 2017, 04:23 WIB

KURS VALAS

Sumber: Bank Indonesia
Mata uangJualBeli
USD
13396.00
13262.00
SAR
3572.17
3535.50
Last Update : Monday, 06 February 2017