Jangan Anggap Sepele Perbedaan Cuaca di Tanah Suci
Senin , 20 March 2017, 09:33 WIB

Republika/Karta Rahardja
Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai ulasan tentang bagaimana jamaah umrah dan haji menghadapi perbedaan di Tanah Suci banyak dijabarkan. Ini penting, karena masalah perbedaan cuaca jangan dianggap remeh.

Ibadah umrah dan haji menuntut stamina prima jamaah. Artinya kesehatan jamaah menjadi modal penting. Yang paling bijak tentunya, mempersiapkan fisik sedini mungkin. Mulai dari jalan kaki hingga lari pagi.'

Tidak hanya berlatih untuk bergerak atau berjalan, para calon jamaah juga perlu berlatih duduk dalam waktu yang lama terkait persiapan untuk melaksanakan i’tikaf di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Ketika berada di Tanah Suci, adanya perbedaan cuaca dengan di Tanah Air tidak jarang menyebabkan banyak jamaah mengalami gangguan kesehatan, seperti batuk, flu, atau demam. Untuk menjaga kondisi tubuh, ada baiknya jamaah memperhatikan asupan makanan yang baik, dengan memperbanyak konsumsi sayur, buah, termasuk juga jus.

Memperbanyak minum air zam-zam juga sangat dianjur kan untuk membantu menjaga kondisi fisik selama jamaah berada di Tanah Suci.

Efisiensi bawaan Karena hendak bepergian jauh, banyak calon jamaah yang membawa berbagai keperluan untuk beribadah. Tidak jarang, barang yang dibawa justru menjadi beban dan mengganggu perjalanan ibadah haji ataupun umrah.

Untuk jamaah laki-laki cukup membawa pakaian ihram sebanyak tiga hingga lima setel dengan satu warna, yaitu putih. Sedangkan, untuk jamaah wanita, membawa lima pakaian ihram dengan warna hitam atau putih sudah cukup untuk melakukan perjalanan haji.

Ada baiknya ja maah tidak membawa terlalu banyak ma kanan, seperti rendang, kecap, sam bal, atau teri. Sebab di Tanah Suci kita dapat menemukan banyak makanan dengan cita rasa Indonesia.

Redaktur : Agung Sasongko


Air Mata Mengucur di Multazam
Selasa , 25 April 2017, 06:12 WIB
Di Yerusalem, Peziarah Muslim Ikut Merasakan Aqsa
Selasa , 25 April 2017, 08:00 WIB
DPR Sudah Ketahui Fasilitas Baru Haji 2017
Selasa , 25 April 2017, 03:20 WIB
Pegadaian Syariah Luncurkan Progam Arrum Haji
Selasa , 25 April 2017, 07:00 WIB

KURS VALAS

Sumber: Bank Indonesia
Mata uangJualBeli
USD
13321.00
13189.00
SAR
3552.08
3516.69
Last Update : Monday, 17 April 2017