Tips untuk Jamaah Lansia Sukses Berhaji
Senin , 22 Mei 2017, 16:31 WIB

Republika/M Subarkah
Jamaah Haji Lansia

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Tak lama lagi, sekitar 200 ribu jamaah haji Indonesia termasuk lanjut usia (lansia) akan segera menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Dibutuhkan fisik yang kuat untuk sukses menjalani ibadah ini.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Oscar Primadi,  mengatakan, calon jamaah haji lansia sehat memerlukan persiapan. Sebab, menjadi lansia adalah proses alamiah bagi semua orang.

"Karenanya, setiap orang harus mempersiapkan diri untuk menjadi manusia lanjut usia yang lebih sehat," katanya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, di Jakarta, Senin (22/5).

Agar menjadi lansia yang lebih sehat, mandiri, aktif, produktif dan bisa melaksanakan ibadah haji secara sehat maka perlu mempersiapkan diri. Caranya dengan meningkatkan kesabaran dan berfikir positif, menjalin hubungan harmonis dalam keluarga, teman dan lingkungan serta tetap setia dengan pasangan yang sah.

Selanjutnya untuk menjadi calon jamaah haji lansia yang sehat, perlu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sejak sekarang. Ia menyebut setidaknya ada empat hal yang harus dilakukan untuk menjadi lansia yang lebih sehat.

Pertama, biasakan melakukan aktifitas fisik ringan selama 30 menit sehari dan lakukan senam lansia secara rutin. Kedua konsumsi sayur dan buah setiap hari dan makan makanan yang kaya akan kalsium. Ketiga, memeriksakan kesehatan secara rutin di pos pelayanan terpadu (posyandu) lansia atau pos pembinaan terpadu (posbindu) dan ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) jika ada keluhan kesehatan.

"Keempat, kembangkan hobi sesuai kemampuan dan terus lakukan kegiatan yang mengasah otak," ujarnya.

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : RR Laeny Sulistyawati