Jamaah Penderita Diabetes Disarankan Selalu Lakukan Ini
Rabu , 30 Agustus 2017, 16:37 WIB

ist
Penyakit diabetes

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Para profesional kesehatan merekomendasikan agar penderita diabetes yang berencana untuk melakukan haji untuk selalu memantau glukosa darah. Penderita diminta mempertahankan kadar glukosa dalam keadaan normal.

Para pengidap diabetes tidak boleh lupa minum obat mereka sesuai dengan anjuran dokter. Agar kebugaran tetap terjaga, praktisi kesehatan menekankan pentingnya diet, olahraga dan pengobatan, baik tablet atau insulin.

"Mempertahankan kadar gula darah normal, akan memungkinkan jamaah diabetes melakukan haji tanpa membahayakan kesehatannya," katanya dilansir Arab News, Rabu (30/8).

Selain itu, setiap pasien diabetes yang melakukan haji juga harus membawa kartu identitas atau memakai gelang peringatan medis. Profil kesehatan mereka harus tertera di dalamnya. 

Dalam profil kesehatan harus ada data nama penyakit, nama perawatan, obat dan dosisnya secara lengkap. Kartu identitas yang memadai harus memuat informasi soal riwayat kesehatan, pengobatan dan kondisi pasien.

Pastikan persediaan obat cukup atau bahkan berlebih untuk kebutuhan selama perjalanan. Pastikan tidak ada yang tertinggal agar tidak mengganggu ritual beribadah.

Termasuk bagi pasien diabetes yang bergantung pada insulin, harus memiliki peralatan penunjang berpendingin untuk menyimpannya. Agar insulin tidak rusak dan terjaga kualitasnya.

Redaktur : Indira Rezkisari
Reporter : Lida Puspaningtyas