Belanja Haji Oh Belanja
Selasa , 19 September 2017, 11:06 WIB

muhammad subarkah
Gerai jualan oleh-oleh dan suvenir di Makkah.

Oleh: Susanti Zarman

Tahukah Anda omongan menarik ibu-ibu yang tidak melakukan ibadah ketika melaksanakan ibadah haji? Tidak lain dan tidak bukan memang b e l a n j a. Informasi soal harga biasanya akan cepat berdatangan dari ibu satu ke ibu lainnya.

Ketika seseorang bawa tentengan turun dari bis shalawat, orang akan sibuk bertanya. Termasuk saya sih "beli apa? Berapa harganya? Bagus juga ya buat oleh-oleh?”

"Besok beli ah" jadilah tren harga berubah setiap saat. Apalagi untuk emak-emak penawar harga sejati, seperti rekan saya ibu Cucu. Ketika sampai di makhtab, hal yg pertama dibeli ember. Harga 3 buah ember dengan dia bisa hanya 20 Real.

Namun, besoknya ketika ibu-ibu lain sudah butuh, boro-boro dapat sar 20, harga 1 ember besar jadi 15  Real yang kecil sar 10 Real. Mulai saat itu urusan belanja oleh-oleh trend //setter-nya// ke bu cucu. Saya yakin setiap kloter punya tren harga seperti ibu cucu. Naluri emak-emak memang tidak bisa dimungkiri.

Sebagai informasi ketika di jakarta tukar uang di money changer adalah sar 1 = Rp 4.000,- Ketika di Makkah ambil uang via atm cukup beragam harganya. Kalau saya sar 1 =  Rp 3.574 plus Rp 25.000 untuk biaya administrasi.


Redaktur : Muhammad Subarkah