Belanja Haji Oh Belanja
Selasa , 19 September 2017, 11:06 WIB

Rombongan KBIH Daruut Tauhid Jakarta.

Sepanjang pengamatan saya untuk belanja inilah tempat belanja ideal  kita Makkah. Kota yang menurut Wawan pegawai hotel yang sudah tinggal 1,5 tahun itu disebutkan lebih murah dari Madinah

Kira-kira inilah tempat belanjaan menarik

1. Gamis. Baju abaya
Kalau mau lihat gamis terbaik mungkin memang di Zamzam tower. Meskipun gamis hampir sama dengan yang d toko-toko pinggiran jalan, kualitas bahan jelas berbeda. Harga berkisaran antara 50 Real sampai  500 Real.

Tapi ssst.. ada berita gembira. Disamping Zamzam tower ada tempat seperti ITC Mangga dua dengan kualitas sama. Harga sedikit berbeda. Salah satu tokonya berada di lantai bawah dan selalu diserbu penggemarnya.

Bagainana tidak? Gamis sama di Zamzam Tower dibandrol dengan harga sar 50, di sini setelah tawar menawar bisa hanya 30 Real. Demikian pula gamis wanita gamis yang seharga 100 Real di diskon jadi  50 Real. Jamaah haji di tempat ini seperti mendapati harta karun

2. Karpet
Karpet beragam harga kalau beruntung karpet buatan Saudi 180x200 cm bisa hanya 40 Real, yang besar 80 Real, ada juga yang mahal bisa di dapatkan  di Jafariah atau kalau malas menawar di Bin Dawood.

3. Sepatu

Di Zamzam Tower sepatu Sacher bisa 260 SAR, tapi ketika kita ke jeddah dan mampir ke Corsca hanya 180 Real. Tokonya lumayan ramai pembeli. Isinya sepatu merk sacher. Merek sepatu Cat dan beberapa sepatu terkenal, seperti Reebok juga tersedia.

Ketika saya tanya ini asli apa tidak,  Ahmad penjual berkulit hitam berkata “Iam guaranty this shoes are original. You dont have to worry about it" harga lebih murah dari jakarta.

4. Souvenir
Kalau beli souvenir datanglah ke kawasan Jafariah. Gantungan kunci dijual 20 Real.selusin. Di sana juga dijual aneka karpet, parfum semprot merk Sabaya, Pasmina, Gamis. Sajadah  tersedia dari yang mahal sampai murah. Semua ada. Kalau mau murah, beli langsung 1 lusin                       

5. Emas
Tempat jual emas biasanya d serbu penggemar. Emas Arab terkenal detail dengan motif yang cukup ruwet. Sempat tanya di Zamzam tower pada ibu dari Jambi, harga emas 1 gramnya mencapai 180 Real. Tapi di dekat hotel. Ketika mulai sepi (karena saya termasuk kloter terakhir) harga 1 gram Rp 650.000,-

7. Sajadah
Untuk urusan sajadah biasanya beli sajadah untuk oma opa di Indonesia. Pilihan jatuh pada sejadah lipat yg bisa berubah fungsi jadi tempat duduk. Itu bisa beli di Bin Dawood atau d abraj (supermarket terkenal di Makkah). Harga setelah diskon mencapai 50 Real. Cuma memang agak sulit masuk ke koper karena agak kaku karena ada besinya.

Kalau sajadah yang bagus bermotif tidak ada di mana pun, datanglah ke toko museum di Zamzam Tower. Sajadahnya cantik buatan Turki. Ekslusif. Pakai kotak cantik. Tapi, sajadah bagus juga bisa di dapat di tempat belanja di kawasan Jafariah dengan harga 300 Real selusin. Warna beraneka, dari pastel hingga warna lembut. Di Indonesia jarang didapat sajadah seperti ini.

Redaktur : Muhammad Subarkah