Di Mana Batas Tanah Suci Makkah?
Kamis , 09 Maret 2017, 14:42 WIB

Kota Makkah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Makkah merupakan salah satu kota suci umat Islam. Kota ini menjadi tujuan umat Islam melaksanakan haji.

Kota yang berada di barat daya Kerajaan Arab Saudi ini terdapat Ka'bah yang di mana kaum Muslim di seluruh dunia beribadah menghadapnya. Selain itu juga ada Masjidil Haram yang mengelilingi Ka'bah.

Di sekeliling Masjidil Haram juga terdapat bangun-bangunan yang menunjang kegiatan jamaah, seperti areal sa'i yang ada di dalam ruangan (sekarang menjadi bagian dari Masjidil Haram), Makkah Royale Clock, dan juga ada bangunan-bangunan bersejarah.

Kota Makkah dikelilingi oleh gunung–gunung yang menjulang tinggi. Saat memasuki kota ini melalui tol, pengunjung dapat menyaksikan monumen selamat datang berbentuk tembok besar yang mejulang dan di atasnya terdapat bentuk Alquran raksasa.

Adapun nama–nama tanah suci Makkah yaitu Makkah (terusirnya orang kafir), Bakkah (tundukan), Ummu al-Qura (pusat kota), al-Balad, al-Balad al-Amin (kota yang aman), al-Haramul Amin (kota suci yang aman), al-Qaryah, Mukhraja Shiddiq, dan Ma’ad.

Kota Makkah memiliki batas tanah suci. Di antaranya adalah Tan’im, Nahklah, Adlat Laban, Jiranah, Hubaidibiyah, dan Arafah.

(Sumber: Ensiklopedia Islam : Makkah)

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Mgrol95