Masjid-Masjid Bersejarah di Jeddah
Selasa , 19 September 2017, 19:32 WIB

Awasat.com
Menara Masjid Al-Syafii, Jeddah.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Banyak hal di Jeddah yang membuktikan betapa bersejarahnya kota ini. Di antara bukti itu adalah bertebarannya masjid-masjid tua yang sarat sejarah. Berikut ini adalah masjid-masjid tersebut. 

-    Masjid al-Shafei

     Berlokasi di Harat al-Mathloum, tepatnya di pasar al-Jame'i. Ini adalah masjid tertua di Jeddah. Menaranya dibangun pada abad ke-13. Meski usianya sudah tua, masjid berarsitektur unik ini masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga saat ini.

-    Masjid Utsman bin Affan

    Masjid ini disebut juga Masjid Abanoos. Dalam bukunya, Ibnu Battutah dan Ibnu Jubayr juga menyebut tentang keberadaan masjid ini.

-    Masjid al-Basha
     Berlokasi di Harat al-Sham, masjid ini dibangun oleh Gubernur Jeddah Bakr Basha pada 1735. Menaranya menjadi ikon arkeologi dan arsitektur bagi Jeddah. Tampilan masjid ini tak berubah hingga 1978 ketika ia dibongkar dan dipindahkan ke tempat lain.

-    Masjid Akkash
    Dibangun sebelum 1379 Hijriyah, masjid ini berlokasi di Jalan Qabel. Pernah direnovasi oleh Akkash Abaza, masjid ini masih dalam kondisi baik dan digunakan sebagai tempat ibadah.

-    Masjid al-Mi'maar

Masjid ini berlokasi di sebelah barat Harat al-Mathloum. Pembangunan masjid ini dilakukan atas perintah Mustafa Mi'maar Basha pada 1384 Hijriyah. Hingga saat ini pun Masjid al-Mi'maar masih dalam kondisi baik dan digunakan sebagai tempat ibadah umat Islam setempat.

-    Masjid Raja Saud

Berdiri di kawasan Balad, masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Saud.

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Retno Wulandhari