Rabu, 16 Syawwal 1440 / 19 Juni 2019

Rabu, 16 Syawwal 1440 / 19 Juni 2019

Kampung-Kampung Tua di Jeddah

Jumat 19 Apr 2019 12:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Suasana festival di Kota Tua Jeddah, Kamis (20/9). Festival itu digelar terkait peringatan  Hari Nasional Arab Saudi yang akan jatuh pada 23 September.

Suasana festival di Kota Tua Jeddah, Kamis (20/9). Festival itu digelar terkait peringatan Hari Nasional Arab Saudi yang akan jatuh pada 23 September.

Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Bagian dalam Kota Tua Jeddah terbagi menjadi beberapa perkampungan atau hara'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bagian dalam Kota Tua Jeddah terbagi menjadi beberapa perkampungan atau hara'. Tiap hara' diberi nama spesifik berdasarkan lokasi geografisnya atau kegiatan yang terkenal di tiap perkampungan. Berikut adalah kampung-kampung tersebut.

-    Haret al-Mazloom di timur laut Kota Tua Jeddah hingga bagian utara Jalan al-Alawi. Perkampungan ini memiliki bangunan bersejarah seperti Dar al-Qabil, Masjid al-Shafi'i, dan al-Jami Souk.

Baca Juga

-    Haret al-Sham di bagian utara Kota Tua Jeddah. Di sana terdapat bangunan terkenal, Dar al-Surrati dan Dar al-Zahid.

-    Haret al-Yemeni di bagian selatan Jalan al-Alawi. Hara' ini diberi nama Haret al-Yemeni karena posisinya menghadap Yaman. Di perkampungan ini terdapat Dar Nasif, Dar Jamjoum, Dar al-Shaarawi, dan Dar al-Samad.

-    Haret al-Bahr di barat daya Kota Tua Jeddah. Hara' ini menghadap Laut Merah. Di sana terdapat Dar al-Radwan atau Radwan al-Bahr.

-    Krintena Hara di selatan Kota Tua Jeddah. Perkampungan ini dulunya menghadap pelabuhan tua Jeddah sebelum berdiri pelabuhan modern dan rafinasi minyak. Dulu, hara' ini menjadi pintu masuk bagi jamaah haji yang datang melalui laut. Inilah perkampungan tertua di Jeddah. Hari ini, Krintena Hara lebih banyak didiami warga pendatang dari negara-negara Afrika.

-    Haret al-Million Tifl (Hara of Million Children) di selatan Jeddah. Diberi nama demikian karena banyaknya populasi anak-anak di perkampungan ini. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA