Minggu, 13 Syawwal 1440 / 16 Juni 2019

Minggu, 13 Syawwal 1440 / 16 Juni 2019

Masjid-Masjid Bersejarah di Jeddah

Jumat 19 Apr 2019 13:35 WIB

Red: Agung Sasongko

Tampilan luar Masjid Imam Syafi'i di Kota Tua Jeddah, Arab Saudi, Jumat (31/8). Bangunan ini disebut berasal dari abad ke-13 dan berdiri pada lokasi bangunan masjid lain pada masa awal Islam.

Tampilan luar Masjid Imam Syafi'i di Kota Tua Jeddah, Arab Saudi, Jumat (31/8). Bangunan ini disebut berasal dari abad ke-13 dan berdiri pada lokasi bangunan masjid lain pada masa awal Islam.

Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Kota Tua Jeddah juga punya sejumlah masjid yang sarat sejarah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain perkampungan, Kota Tua Jeddah juga punya sejumlah masjid yang sarat sejarah. Inilah masjid-masjid itu.

Baca Juga

- Masjid al-Shafi'i yang merupakan masjid tertua di al-Maji Souk, al-Mazloom Hara'. Menara masjid ini dibangun pada abad ketujuh Hijriyah. Menara ini tergolong unik karena berbentuk tetragonal dan menyisakan rongga tengah untuk aliran udara. Hingga hari ini, Masjid al-Shafi'i yang telah direnovasi masih digunakan untuk beribadah masyarakat setempat.

- Masjid Utsman bin Affan atau Masjid Ebony. Disebut demikian karena memang ada dua batang kayu eboni dalam masjid sebagai struktur penopang utama. Masjid di al-Mazloom Hara' ini dibangun pada abad ke-9 hingga ke-10 Hijriyah.

- Masjid al-Pasha yang terletak di Haret al-Sham. Nama masjid ini diambil dari seorang keturunan bangsa Turki, Baker Pasha, yang pernah menjabat kepala daerah Jeddah pada 1735 Masehi. Masjid ini pernah memiliki menara kuno yang sangat ikonik sebelum akhirnya diganti menara baru pada 1978.

-  Masjid Akash yang dibangun pada 1379 H atas perintah Akash Abaza. Lantai dasar masjid sengaja dibangun lebih tinggi dari jalan. Terjaga dengan baik, masjid ini digunakan untuk shalat lima waktu hingga saat ini.

-  Masjid al-Mem'ar di sisi barat Jalan al-Alawi, al-Mazloom Hara. Memiliki arsitektur unik, masjid ini dibangun di era Mustafa Me'mar Pasha pada 1384 H. Masjid ini pun masih digunakan untuk shalat lima waktu.

- Masjid al-Rahma di al-Balad yang dibangun di atas permukaan laut.

- Masjid Raja Saudi yang berada di pusat Kota Jeddah dan dibangun di era kerajaan Saudi.

- Masjid al-Juffali di area Kota Tua al-Balad. Masjid ini berlokasi di seberang kantor Kementerian Luar Negeri Saudi.

-  Masjid Hassan Anani di Benteng Kota Tua Jeddah, tepatnya di persimpangan antara Eastern Street dengan al-Hamra Corniche Road.

Sumber : Mozaik Republika/Fuji Pratiwi
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA