Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Menyegerakan Berbuka Puasa dan Doa yang Makbul

Kamis 16 May 2019 16:42 WIB

Red: Hasanul Rizqa

Ilustrasi Ramadhan

Ilustrasi Ramadhan

Foto: Pixabay
Kala berbuka puasa, disarankan untuk memanjatkan doa, karena itulah waktu yang makbul

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Damanhuri Zuhri

Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Nabi Muhammad SAW selalu menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur. Hal itu pula yang beliau serukan kepada umatnya.

Baca Juga

Dalam sebuah hadis qudsi, Rasulullah SAW menegaskan firman Allah, "Sesungguhnya hamba-hamba-Ku yang paling Kucintai ialah yang lebih menyegerakan berbuka puasa" (HR Ahmad dan Timurmidzi).

Dalam Hadis lain, Rasulullah SAW menjelaskan, "Manusia itu senantiasa memperoleh kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka" (HR Muttafaqun 'alaih). Untuk berbuka, Rasulullah SAW membiasakan diri dengan memakan kurma basah sebelum melaksanakan shalat maghrib. Kalau tidak mendapatkan kurma basah, beliau berbuka dengan kurma kering. Dan bila itu tidak ada juga, maka beliau berbuka puasa dengan meneguk air. Hal itu berdasarkan hadis yang diriwayatkan Anas RA.

Rasulullah SAW juga mengimbau umat Islam untuk mengucapkan doa saat berbuka puasa. Kata beliau, "Sesungguhnya doa orang yang berpuasa pada waktu berbuka itu tidak ditolak" (HR Ibnu Majah).

Dalam hadis lain, Nabi Muhammad SAW menjelaskan, "Ada tiga orang yang tidak ditolak doanya, yaitu orang yang berpuasa sehingga ia berbuka, pemimpin (penguasa) yang adil, dan doa orang yang teraniaya. Doa orang yang teraniaya ini akan diangkat oleh Allah melampaui awan dan dibukakan untuknya pintu langit."

Dalam hadis qudsi, disebutkan bahwa Allah berfirman, "Demi Kemuliaan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu, walaupun sesudah suatu waktu."

Demikianlah, hendaknya momen berbuka puasa dimanfaatkan sungguh-sungguh untuk bermunajat kepada Rabb kita. Besarkan harapan kita bahwa Allah akan mengabulkan doa-doa kita. Ingat lagi surah al-Baqarah ayat 186, artinya, "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA