Resmikan Masjid, Menag Beri Pesan Pentingnya Perdamaian

Senin , 06 May 2019, 01:30 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Israr Itah
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Masjid Ar Rahman yang terletak di Komplek Discovery Lumina, Bintaro, Tangerang Selatan (Tangsel). Masjid setinggi dua lantai ini dibangun sejak Maret 2018 dengan anggaran mencapai Rp 1,3 miliar.

 

Di hadapan jemaah Masjid Ar Rahman, Menag membahas tentang masjid, shalat, dan perdamaian. Menurutnya, masjid berarti tempat sujud. Sujud adalah simbol kepasrahan kepada Allah SWT.

"Itulah (sujud) pengamalan bentuk penghambaan kepada Tuhan. Masjid tempat melakukan itu," ujar Menag dikutup di situs resmi Kemenag, Ahad (5/5).

Selain sarana menghamba, masjid juga sebagai media mengoptimalkan peran manusia sebagai pengelola bumi atau khalifah). Tugas manusia adalah mengatur agar keselarasan dan keserasian kehidupan berjalan dengan baik. Ia pun berharap Masjid Ar Rahman mampu menjalankan dua fungsi tersebut.

"Bentuk penghambaan kepada Tuhan harus termanifestasi dalam menebarkan kemaslahatan kehidupan di dunia," lanjutnya.

Masjid juga menjadi tempat shalat. Fungsi shalat adalah mencegah umat Islam melakukan fakhsya dan munkar.

Shalat bukan semata ritual keagamaan, tapi juga cara agar umat muslim senantiasa terhindar dari perbuatan yang merusak diri, sesama, dan lingkungan. Masjid adalah tempat melatih diri untuk mengamalkan esenai salat itu.

"Mari jadikan masjid sebagai tempat tebarkan esenai ajaran Islam yang mendamaikan. Watak agama itu merangkul bukan memisah misahkan. Watak agama adalah mengayomi dan menyatukan. Sebesar apapun perbedaan bukan faktor pembenar untuk saling merendahkan dan meniadakan eksistensi kemanusiaan," ujar Menag.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ar Rahman, Hendro sebelumnya melaporkan bahwa rencana pembangunan sudah dibahas sejak 2016. Namun, pemancangan awal baru dilakukan pada Maret 2018. Selang setahun dua bulan, tepatnya pada 4 Mei 2019, masjid bisa diresmikan.

"Masjid didanai paling banyak dari warga sekitar. Anggaran 1.5M dana yang terkempul 1.3M. Dan yang sudah digunakan, sebanyak 1.26M. Masih ada saldo 68juta," ujarnya.

Menurut Hendro, DKM masjid sudah merancang program Ramadan 1440H. Ada sejumlah kegiatan, antara lain; taraweh bersama dan kultum, kajian subuh,  qiyamul lail 10 hari terakhir,  dan tadarrus kaum ibu. "Tahun lalu, taraweh di tenda biru. Tahun ini,  taraweh bisa dilakukan di masjid," ucapnya. 

 
Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:29 04:29 11:51 15:01 17:52 19:00

widget->kurs();?>