Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Dompet Dhuafa Kampanyekan #Jangantakutberbagi

Ahad 14 Apr 2019 04:04 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Agung Sasongko

Sejumlah lansia menampilkan Tari Maumere di Zona Madinah, Parung, Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/4).

Sejumlah lansia menampilkan Tari Maumere di Zona Madinah, Parung, Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/4).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kampanye itu dimulai dari Zona Madina Dompet Dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR— Terdapat di pinggiran Kota Jakarta, Zona Madina merupakan program pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa dengan mengembangkan konsep kawasan tumbuh dan terpadu, yang berlandasan tata nilai Islam yang rahmatanlialamin. Ia menjadikan Zona Madina menjadi pusat produktifitas ekonomi masyarakat di sekitar wilayah kemang, Bogor.

Ramadhan akan segera tiba satu bulan lagi, dengan semangat berbagi, Dompet Dhuafa membawa tema 'Jangan Takut Berbagi' sebagai tagline dalam menyambut Ramadhan tahun ini. Semangat berbagi tersebut melibatkan seluruh lapisan masyarakat, bersama Dompet Dhuafa bahkan rekan-rekan jurnalis serta influencer yang terlibat.

“Masyarakat bisa merasakan pemberdayaan hingga membeli produk mereka, merupakan sebuah inisiasi berbagi untuk memajukan roda perekonomian mereka,” ujar Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi, dalam acara Zona Madina Ajak #JanganTakutBerbagi Para Perempuan di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/4).

Salah satu perempuan adalah Mak Siti, adalah perempuan tangguh masa kini. Sebelum menjadi penjual bubur, segala macam profesi telah digeluti Mak Siti, mulai dari tukang sapu hingga menjadi kuli bangunan ia juga lakukan.

Perempuan paruh baya beranak dua ini, harus bersusah payah menanggung ekonomi keluarga lantaran suaminya yang sakit diabetes sejak 2009. Perjuangan Mak Siti mencari nafkah untuk keluarga dan pengobatan suaminya, mengantarkan ia berhijrah dari Bintaro, Tangerang, ke Desa Jampang, Bogor, Jawa Barat.

“Alhamdulillah pada 2016 diperjalanan hijrahnya, Mak Siti menjadi mitra kantin Zona Madina Dompet Dhuafa. Mak Siti mengaku banyak dapat manfaat untuk hidupnya, mulai dari pemberian modal, pendampingan, dan tempat usaha yang layak di kantin Zona Madina,” ungkap Yuli.

Zona Madina Dompet Dhuafa dibangun di atas tanah seluas 8,5 hektar, menjadikan masyarakat sekitar khususnya kaum perempuan, untuk mendapatkan manfaat pemberdayaan program ekonomi yang dilaksanakan oleh Zona Madina Dompet Dhuafa dalam membantu kesejahteraan ekonomi keluarga.

Saat ini, terdapat sekitar 40 perempuan penerima manfaat yang tersebar di empat kecamatab antara lain, Kecamatan Kemang, Parung, Ciseeng dan Tajur halang. Beberapa program ekonomi yang terdapat di  Zona Madina antara lain Jampang English Village, Rumah Packing (Pengemasan Produk), Kerajinan Dompet, Kantin, Kripik Pisang dan Kripik Jamur.

Selain itu, peran wanita tak kalah penting dalam ranah keluarga namun juga ranah perputaran ekonomi di wilayah Zona Madina. Dengan mendampingi para penerima manfaat, Zona Madina memberikan bantuan modal usaha, bantuan peralatan, serta peningkatan ilmu pengetahuan.

“Memasuki Bulan Ramadhan 1440 H Dompet Dhuafa mengajak masyarakat #JanganTakutBerbagi sebagai penggerak roda ekonomi keluarga dan perputaran ekonomi di wilayah Zona Madina,” tutup dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA