Kemenag Cianjur Percepat Selesaikan Paspor Jamaah
Jumat , 20 Jul 2018, 14:54 WIB

Antara/Moch Asim
Petugas menyiapkan dokumen paspor dan visa jamaah calon haji.

IHRAM.CO.ID, CIANJUR -- Kementerian Agaman (Kemenag) Cianjur, Jawa Barat melakukan percepatan penyelesaian paspor untuk calon jamaah haji yang akan berangkat pekan ini. "Kami pastikan sebelum keberangkatan, paspor dan dokumen lainnya sudah selesai sehingga tidak ada lagi kendala," kata Staf Pemberangkatan Haji dan Umrah Kemenag Cianjur, Mamat Slamet, Jumat (20/7).

"Targetnya sebelum 24 Juli atau hari pemberangkatan sudah selesai," ujarnya.

Visa untuk calon jamaah haji sudah selesai seluruhnya sehingga tidak ada hal yang akan menunda keberangkatan. Sebelumnya, pemberangkatan kerap terkendala masalah visa, namun tahun lalu tidak lagi menjadi halangan.

Saat ini, Kemenag tengah mempersiapkan proses keberangkatan kloter pertama Cianjur pada 24 Juli 2018. Sedangkan untuk pemeriksaan pemberangkatan CJH ada perubahan biasa di imigrasi akan dilakukan di embarkasi.

"Biasanya diperiksa di bandara dengan waktu yang cukup lama, meskipun sekarang memakan waktu sekitar empat jam, tapi jadi tidak perlu mengantre di bandara Arab Saudi," tambahnya.

Sebanyak 1.350 jamaah asal Cianjur akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Peningkatan pelayanan dari Arab Saudi untuk jamaah diharapkan akan memperlancar pelaksanaan.

Jumlah jamaah yang berangkat tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu 1.322 jamaah. Rencananya, jamaah akan dibagi dalam empat kloter dan kloter pertama dijadwalkan berangkat 24 Juli 2018.

Redaktur : Ani Nursalikah
Sumber : antara

BERITA LAINNYA