Jamaah Terakhir Tinggalkan Madinah Hari Ini
Selasa , 07 Aug 2018, 14:25 WIB

Republika/Fitriyan Zamzami
Jamaah haji di dalam areal Masjid Nabawi

Laporan Wartawan Republika.co.id, Fitriyan Zamzami dari Madinah

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Seluruh jamaah haji Indonesia dijadwalkan sudah meninggalkan Madinah menuju Makkah pada Selasa (7/8) ini. Jamaah dalam kloter-kloter terakhir akan diberangkatkan setidaknya sebelum sore hari.

Rencananya, sebanyak 6.084 jamaah haji Indonesia atau 15 kloter terakhir yang ada di Madinah akan bergeser ke Makkah. Mereka akan bergabung dengan sekitar 140 ribu jamaah yang sudah berada di Makkah.

Hingga hari ke-22 kedatangan, sebanyak 362 kloter atau 145.630 jemaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Suci. Sebagian datang lebih dahulu di Madinah dalam gelombang pertama, lainnya menyusul dalam gelombang kedua di Jeddah.

Para jamaah yang berangkat ke Makkah dari Madinah telah mengenakan pakaian ihram dari hotel. Mereka nantinya akan melaksanakan shalat sunnah ihram dua rakaat dan membacakan niat dari Miqat Bir Ali, sekitar 30 menit perjalanan dari Madinah.

Sementara itu, para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan mulai bergeser ke Makkah pada 9 Agustus 2018. Menyusul hampir pungkasnya pemindahan jamaah dari Madinah ke Makkah, suasana di Masjid Nabawi pun kian lengang.

Menurut pantauan Tim Media Center Haji di lapangan, tak ada lagi gerombolan-gerombolan jamaah seperti pada puncak keberadaan jamaah gelombang satu di Masjid Nabawi. Dua hari terakhir jemaah haji gelombang pertama di Madinah, juga tak diwarnai insiden jamaah haji tersesat di sekitar Masjid Nabawi. "Alhamdulillah, dua hari ini enggak ada laporan," kata Sekretaris Sektor Khusus Masjid Nabawi, Ahmad Hanafi, di Madinah.

Hanafi mengiyakan, berkurangnya jamaah tersesat karena jumlah jamaah semakin menipis. Meski begitu, sektor khusus Masjid Nabawi tetap memberikan pemantauan. Khususnya di kawasan Raudhah di dalam Masjid Nabawi tempat banyak jamaah berbagai negara berebutan melaksanakan shalat dua rakaat dan berdoa di lokasi antara rumah Nabi Muhammad SAW dan mihrab lama Masjid Nabawi tersebut.

Sementara berdasar rilis yang diterima Media Center Haji, Hingga Senin (7/8) pukul 19.42 waktu setempat jumlah jemaah wafat 36 orang. Sebanyak 19 orang tengah di rawat di berbagai rumah sakit Arab Saudi. 

Redaktur : Andi Nur Aminah

BERITA LAINNYA