Setiap Tahun, 1,4 Juta Jamaah Indonesia Pergi Haji dan Umrah
Rabu , 27 Feb 2019, 10:01 WIB

Republika/Fitriyan Zamzami
Jamaah haji Indonesia di Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, mengatakan 221 ribu jamaah Indonesia menunaikan ibadah haji setiap tahun. Lebih dari 1,2 juta Muslim Indonesia melaksanakan ibadah umrah setiap tahun.

Baca Juga:

Hal itu diungkapkan Hery dalam kunjungan ke Abha baru-baru ini. "Secara keseluruhan, lebih dari 1,4 juta orang Indonesia mengunjungi Kerajaan setiap tahun untuk haji atau umrah saja," kata Hery, dilansir di Saudi Gazette, Rabu (27/2).

Selain itu, Hery mengatakan sebanyak 28 siswa Indonesia diterima di Universitas King Khalid di Asir. Mereka merupakan kelompok pertama dari siswa Indonesia yang mempelajari mata pelajaran agama di kampus tersebut. Ia berharap, jumlah tersebut akan semakin meningkat di semua universitas di Saudi.

"Siswa-siswa ini, yang belajar di bawah beasiswa yang disediakan pemerintah Saudi, akan diikuti oleh 200 siswa lainnya," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Hery menggambarkan hubungan antara Indonesia dan Saudi sebagai hubungan yang bersejarah dan amat dekat. Menurutnya, hubungan tersebut kemudian dikonsolidasikan dengan kunjungan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman ke Jakarta pada akhir 2017. Ia menambahkan, Indonesia dengan penduduk lebih dari 230 juta sangat mendukung tujuan-tujuan dari reformasi Visi 2030 Kerajaan Saudi.

"Ikatan strategis itu terus berkembang di semua bidang. Kerajaan adalah jantung dunia Islam," ujarnya.

Redaktur : Ani Nursalikah
Reporter : Kiki Sakinah

BERITA LAINNYA