Biro Travel Umrah Bantu Jamaah Urus Rekam Biometrik
Kamis , 20 Dec 2018, 20:48 WIB

Mgrol118
Suasana kantor VFS Tasheel di Blok M, Jakarta

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Biro Travel Haji dan Umrah ikut mengkoordinir para jamaahnya untuk melakukan rekam biometriK di Kantor VFS TasHeel Jakarta, Rabu (19/12). Seperti yang terlihat di kantor cabang VFS Tasheel Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan.

Baca Juga:

Beberapa perwakilan biro travel terlihat datang bersama para jamaah calon umrah guna membantu calon jamaah mengurus rekam biometrik. Ayu Dwi Frainata, salah satu koordinator Operasional Travel Haji dan Umrah Aqobah mengatakan, dia datang ke kantor cabang VFS Tasheel Pasaraya Blok M sudah yang kedua kalinya. Sebelumnya, dia dan beberapa pegawai biro travel Aqobah datang di hari Selasa (18/12), untuk menanyakan syarat perekaman biometrik.

Ayu mengatakan dia membawa 32 jamaah yang berasal dari sekitar Jabodetabek. Namaun ada juga yang dari luar Jabodetabek yakni jamaah dari Serang dan Pandeglang. Dia mengaku, akan datang lagi ke kantor itu untuk mengantar calon jamaah asal Palembang. “Yang dari Palembang ini jadinya besok, karena perjalanan tidak memungkinkan hari ini”, ujarnya.

Dia mengatakan, sebenarnya ada tempat perekaman biometrik di Bekasi. "Cuma karena kita mepet waktunya untuk keberangkatan tanggal 25 Desember, maka kita arahkan calon jamaah dari Bekasi untuk melakukan di Jakarta," ujarnya.

Ayu mengatakan, jika boleh memilih sebaiknya tidak ada syarat rekam biometrik oleh VFS TasHeel, karena menyulitkan calon jamaah umrah. “Kasihan ngantrenya lama-lama kecuali kalau tempatnya tersedia banyak,” ucapnya.

Menurut dia keuntungan yang didapat dari rekam biometrik di VFS TasHeel yakni agar tidak mengantre di imigrasi Arab Saudi. Ayu menjelaskan, alasan pihak biro travelnya minta para calon jamaah dari Serang dan Pandeglang datang ke kantor VFS TasHeel Jakarta karena jadwal keberangkatan umrah pada 25 Desember yang sudah makin dekat.

Pihak travel meminta mereka datang ke Jakarta, agar setelah appointment dan selesai rekam biometrik, paspor calon jamaah dapat langsung diambil lagi pihak travel. Menurut Ayu, paspor para jamaah perlu diambil lagi agar bisa diserahkan ke KBIH besoknya. Hal itu berguna untuk mendapatkan visa.

Ayu mengatakan, kalau sudah lewat dari Jumat, Sabtu hingga Minggu libur kantor libur. Sedangkan Senin tanggal merah (libur). Lalu Selasanya sudah harus berangkat.

Ayu menyampaikan, setelah pengurusan rekam biometrik calon jamaah umrah selesai, mereka kembali ke kediamannya masing-masing. Tidak ada layanan antar yang disediakan dari travel untuk calon jamaah pulang ke kota asalnya.

 

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : mgrol118

BERITA LAINNYA