Lima Saran Kapuskes Haji untuk Jamaah
Senin , 15 Apr 2019, 04:38 WIB

Republika/ Yogi Ardhi
Jamaah Haji Di Mekkah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan menggelar "Sosiliasi Haji Sehat" di Gorontalo, Ahad (14/4). Sosialisasi ini diperlukan untuk memberikan pemahamaan kesehatan kepada jamaah haji.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr Eka Jusup Singka menyampaikan lima hal yang harus diperhatikan para jamaah selama di Tanah Suci. Jika lima hal ini diperhatikan maka resiko kesehatan selama menjalankan ibadah bisa diminimalisir.

"Saya menyampaikan ada lima hal yang harus selalu diperhatikan jamaah haji selama di Tanah Suci," kata Eka saat diminta komentarnya apa saja yang disampaikan, di "Sosialisasi Haji Sehat" Ahad (14/4).

Eka menyampaikan, lima hal itu di antaranya Pertama, sarapan sebelum berangkat ke Masjid. Kedua, sandal dibawa ke dalam Masjid. Ketiga, jika sakit pada saat melempar jumrah dapat dibadalkan. Keempat jangan lupa sering-sering minum air. Kelima gunakan masker setiap keluar ruangan.

Eka memastikan panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) di kesehatan akan selalu mengingatkan agar lima hal itu selalu dilakukan jamaah, yang merupakan bagian dari pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah.

Sosialisasi Haji Sehat ini dihadiri oleh 450 jamaah haji. Selain dihadiri jamaah unsur pemerintah terkait juga hadir dalam sosialisasi tersebut. Di antaranya, Walikota Gorontalo, H. Marten Taha, Kepala Kanwil Kemenag, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. H. Triyanto S. Bialangi, dan Kadinkes Kota Gorontalo. Sosialisasi dilakukan di Banthayo Yiladia Kota Gorontalo.

Redaktur : Bayu Hermawan
Reporter : Ali Yusuf

BERITA LAINNYA