Pemerintah Cari Sumber Dana Tambahan 10 Ribu Kuota Haji
Jumat , 19 Apr 2019, 15:38 WIB

Antara/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah kini sedang mencari tambahan ruang anggaran untuk memenuhi kebutuhan tambahan 10 ribu kuota haji. Penambahan anggaran, salah satunya untuk menutup kebutuhan tambahan petugas haji yang juga harus dikirim ke Arab Saudi sebagai pendamping jamaah haji. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan, dua sumber dana paling potensial adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan anggaran Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Nanti dari Pak Menteri Agama. Kita lihat lagi dari sumber-sumbernya," kata Sri di Istana Negara, Kamis (18/4).

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menambahkan, selain APBN dan BPKH, Kementerian Agama juga berpotensi menggelontorkan tambahan anggaran. Asalnya, ujar Menag, dari efisiensi yang bisa dilakukan kementerian.

Meski begitu, Lukman enggan menyebut besaran anggaran yang akan disiapkan lantaran masih dikalkulasikan. Lukman berharap, pembahasan anggaran dari APBN antara pemerintah dengan DPR pun dapat segera dilaksanakan pada pekan depan.

Terkait kuota tambahan jamaah haji sebesar 10 ribu tersebut, Lukman menyebut akan didistribusikan secara proporsional kepada seluruh provinsi. Namun, kuota tersebut akan diprioritaskan bagi lansia dan para pendampingnya.

"Prioritas utamanya adalah bagi lansia dan para pendampingnya dan tentu jamaah yang lain," katanya. N Sapto Andika Candra

Redaktur : Esthi Maharani
Reporter : Sapto Andika Candra

BERITA LAINNYA