Deddy Mizwar Minta Calon Jamaah Haji Taati Pemerintah Saudi
Selasa , 09 Agu 2016, 19:31 WIB

Republika/Edi Yusuf
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengimbau agar seluruh calon jamaah haji bisa menjaga kondisi badan atau kesehatannya selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci di Arab Saudi.

"Pesannya ialah jaga kesehatan, karena menuntut fisik yang cukup banyak dan ikuti setiap petunjuk yang ada di sana. Insya Allah nanti lancar ibadah hajinya," kata Deddy Mizwar, di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/8).

Ia mengatakan segala aturan yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi terkait ibadah haji wajib ditaati oleh jamaah haji asal Indonesia demi kelancaran jalannya rukun Islam kelima tersebut."Di sana kan bukan Tanah Air Indonesia, jadi ikuti aturannya di sana," ujar Deddy Mizwar.

Sementara itu, terkait kondisi cuaca panas di Arab Saudi, ia menilai wajar cuaca tersebut karena kondisi cuaca di Tanah Suci memang demikian. "Cuaca panas saya kira tidak apa-apa ya. Ini semua soal keimanan mau panas atau dingin itu akan bisa dilalui kalau iman kita kuat," katanya.

Tahun 2016 ini, kuota haji asal Jawa Barat mencapai 30.428 orang yang terdiri dari 30.020 jamaah dan 408 petugas berasal dari enam kota dan 21 kabupaten. Kabupaten Bogor menempati urutan pertama terbanyak calon jamaah hajinya yakni mencapai 2.817 orang, kedua ditempat oleh Kota Bekasi 1.989 orang, kemudian Kabupaten Bandung 1.948 orang dan Kabupaten Bekasi 1.868 orang.

 

Redaktur : Achmad Syalaby
Sumber : Antara

BERITA LAINNYA